Lokasi dan Waktu Rasulullah SAW Lakukan Ihram dari Madinah

Senin , 19 Jul 2021, 21:24 WIB Reporter :Ratna Ajeng Tejomukti/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Rasulullah SAW melakukan ihram saat berada di Madinah dari Al Baida. Ilustrasi Kain Ihram
Rasulullah SAW melakukan ihram saat berada di Madinah dari Al Baida. Ilustrasi Kain Ihram

IHRAM.CO.ID, — Berihram adalah aktivitas pertama dalam melaksanakan haji maupun umroh. Sebagaimana tuntunan Rasulullah SAW dalam melaksanakan haji dan umroh, beliau pun berihram. 

 

Terkait

Waktu dan tempat Rasulullah berihram dijelaskan dalam sebuah hadits  bahwa Rasulullah berihram di Al Baida. Al Baida merupakan sebuah lingkungan di kota suci Madinah di Provinsi Madinah, tepatnya di sebelah barat Arab Saudi. 

Baca Juga

حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عُمَرَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ لَمَّا أَرَادَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْحَجَّ أَذَّنَ فِي النَّاسِ فَاجْتَمَعُوا فَلَمَّا أَتَى الْبَيْدَاءَ أَحْرَمَ

“Telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu  Umar telah menceritakan kepada kami Sufyan bin  Uyainah dari Ja'far bin Muhammad dari Ayahnya dari Jabir bin Abdullah berkata; "Tatkala Nabi SAW berniat haji, beliau mengumumkannya, lalu manusia berkumpul. Tatkala sampai di Baida, beliau melakukan ihram." (At Tirmidzi) 

Lokasi tepatnya Rasulullah berihram adalah dekat masjid, juga terkadang dibawah pohon.  

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا حَاتِمُ بْنُ إِسْمَعِيلَ عَنْ مُوسَى بْنِ عُقْبَةَ عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ  وَاللَّهِ مَا أَهَلَّ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَّا مِنْ عِنْدِ الْمَسْجِدِ مِنْ عِنْدِ الشَّجَرَةِ

Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa'id telah menceritakan kepada kami Hatim bin Isma'il dari Musa bin 'Uqbah dari Salim bin Abdullah bin 'Umar dari Ibnu Umar berkata; "Al Baida adalah tempat yang mereka dustakan atas Rasulullah SAW. Demi Allah, Rasulullah SAW tidak berihramkecuali dari dekat masjid, dari dekat pohon."

Sedangkan waktu Rasulullah berihram adalah usai melaksanakan sholat. Seperti hadits riwayat Tirmidzi:

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا عَبْدُ السَّلَامِ بْنُ حَرْبٍ عَنْ خُصَيْفٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَهَلَّ فِي دُبُرِ الصَّلَاةِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ لَا نَعْرِفُ أَحَدًا رَوَاهُ غَيْرَ عَبْدِ السَّلَامِ بْنِ حَرْبٍ وَهُوَ الَّذِي يَسْتَحِبُّهُ أَهْلُ الْعِلْمِ أَنْ يُحْرِمَ الرَّجُلُ فِي دُبُرِ الصَّلَاةِ

Telah menceritakan kepada kami Qutaibah telah menceritakan kepada kami Abdu Salam bin Harb dari Khusaif dari Sa'id bin Jubair dari Ibnu Abbas bahwa Nabi  SAW berihram setelah sholat.

Abu 'Isa berkata, "Ini merupakan hadits hasan gharib. Tidak kami ketahui seorangpun meriwayatkannya selain Abdu Salam bin Harb, berdasarkan hadits ini para ulama menyunahkan untuk berihram setelah melaksakan sholat." 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini