Sumur Zamzam, Sebuah Keajaiban Abadi

Rabu , 21 Jul 2021, 05:00 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Ani Nursalikah
Sumur Zamzam, Sebuah Keajaiban Abadi. Suasana proyek restorasi Sumur Zamzam di Masjidil Haram.
Sumur Zamzam, Sebuah Keajaiban Abadi. Suasana proyek restorasi Sumur Zamzam di Masjidil Haram.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Sumur zamzam adalah salah satu mukjizat Islam yang paling abadi. Sumur ini mewakili rahmat Allah. 

 

Terkait

Sumur zamzam pertama kali muncul 5.000 tahun yang lalu di bawah kaki Nabi Ismail setelah ibunya Hajar, berlari tujuh kali antara dua bukit Safa dan Marwah mencari air untuk menyelamatkan putranya yang kehausan. Nama sumur itu berasal dari frasa Zome Zome, yang berarti “berhenti mengalir”, sebuah perintah yang diulangi oleh Hajar saat dia berusaha menahan mata air. 

Baca Juga

Air sumur zamzam selalu bersih, tidak ada lumut, serangga, jamur, atau kotoran lainnya. Air zamzam mengandung tingkat mineral alami yang lebih tinggi daripada air desalinasi normal. Karena alasan ini, air zamzam juga memiliki rasa yang berbeda dan berat.

Jamaah haji dan umroh selalu ingin minum dari sumur zamzam. Mereka bahkan membawa botol untuk mengisi air zamzam dan membawa pulang ke tanah air mereka. Air zamzam karena diyakini sebagai sumber penyembuhan alami bagi orang sakit, menurut Nabi Muhammad SAW.

Pengembangan dan pemeliharaan sumur zamzam sangat penting. Sumber air ini dilindungi selama berabad-abad dengan berbagai cara. 

photo

Para jamaah haji baik peremuan dan wanita bertawaf di sekitar Kabah pada tahun 1935. Lihat bangunan sumur Zamzam kala itu masih terlihat. - (gahetna.nl)