KJRI : Kondisi Jamaah Sehat dan Aman

Rabu , 21 Jul 2021, 17:38 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Esthi Maharani
 Dalam foto yang diambil dengan kecepatan rana rendah ini, jamaah haji  mengelilingi Ka
Dalam foto yang diambil dengan kecepatan rana rendah ini, jamaah haji mengelilingi Ka

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Jamaah haji saat ini telah menyelesaikan rangkaian utama ritual ibadah tahunan. 60.000 Muslim yang beruntung kini berada di Mina untuk menyelesaikan ibadah di hari tasyriq.

 

Terkait

Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali, menyebut semua jamaah dalam kondisi yang aman dan nyaman. "Alhamdulillah semua sehat dan aman," kata dia saat dihubungi Republika, Rabu (21/7).

Setelah melakukan Tawaf Al-Ifadah kemarin, hari ini semua jamaah melaksanakan lontar jumrah hari Tasyriq. Pelaksanaannya dilakukan tanggal 11 dan 12 dzulhijjah.

Ia juga menyebut jamaah akan melangsungkan tawaf Wada mulai besok, Kamis (22/7). Jamaah haji secara bertahap akan kembali ke rumah masing-masing usai melakukan tawaf perpisahan tersebut.

"Mulai Besok sudah ada jamaah yang pulang," lanjutnya.

Sebelumnya, Juru bicara Kemenkes, Dr. Mohammed Al-Abd Al-Aly, menyebut jamaah haji yang berpartisipasi dalam ritual haji tahun ini berhasil mematuhi langkah-langkah kesehatan yang tersebar di semua tempat suci.

Kementerian Kesehatan Saudi (MoH) mengumumkan tidak ditemukan infeksi Covid-19 atau penyakit lain di antara jamaah yang mengikuti ritual haji kali ini.

Selama pelaksanaan haji, Kementerian Kesehatan telah menangani kasus kelelahan fisik sekaligus 651 pemeriksaan klinis. Mereka juga mendapati 396 kasus darurat, 37 kasus kelelahan akibat panas, 26 rawat inap, serta enam kateterisasi jantung yang berhasil.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini