Masjid Kalyan Bersejarah di Bukhara

Rabu , 21 Jul 2021, 22:10 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Masjid Kalyan, Uzbekistan.
Masjid Kalyan, Uzbekistan.

IHRAM.CO.ID, Sebagai pusat peradaban Islam di Asia Tengah, ada banyak masjid bersejarah yang dibangun di Bukhara. Salah satu masjid bersejarah tersebut adalah Masjid Kaylan.

 

Terkait

Dalam bahasa Uzbekistan, negara yang kini membawahi Bukhara, kompleks rumah ibadah tersebut disebut Po-i-Kalan. Secara harfiah artinya adalah 'Kaki Besar.'

Baca Juga

Masjid Kalyan pertama kali dibangun pada 713. Memasuki tahun 1121, penguasa Dinasti Karakhnaid, Arslan Khan, menambah luas kompleks ini sehingga berdekatan dengan pusat kota.

Sayang sekali, pada awal abad ke-13 balatentara Genghis Khan mencaplok Bukhara dan sekitarnya. Masjid Kalyan pun tidak luput dari sasaran mereka. Hanya Menara Kalyan yang selamat dari penyerbuan tersebut.

Otoritas Bukhara menyempurnakan kompleks Masjid Kalyan sejak tahun 1514. Barulah pada masa pemerintahan Ubaydullah Khan, pembangunannya selesai.

Masjid ini terdiri atas empat bagian (iwan) yang sangat besar. Pada setiap iwan itu terdapat gerbang- gerbang terbuka. Sebuah gapura besar (pishtag) yang begitu indah menjadi pintu masuk bagi para pengunjung di bagian depan.

Keseluruhan bangunan masjid ini berbahan batu bata dari Hazarbaf. Bentuk kubah Masjid Kalyan menandakan seni arsitektur Persia. Ada sekitar 288 kubah yang menaungi masjid ini. Empat buah di antaranya tampak paling besar dan berdiri di atas setiap iwan.