Rabu 21 Jul 2021 22:32 WIB

Impian Calon Haji yang Tertunda

Sejumlah calon haji mencemaskan pembatasan akan menghalangi mereka berangkat.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Jamaah haji mengelilingi Ka
Foto: AP/Amr Nabil
Jamaah haji mengelilingi Ka

IHRAM.CO.ID,  KAIRO -- Samia Ahmed menabung selama 16 tahun untuk melaksanakan ibadah haji. Tetapi seperti banyak Muslim lainnya yang lebih tua, dia khawatir pembatasan yang diperbarui akan mencegahnya melaksanakan ibadah haji.

Arab Saudi di tahun kedua pandemi Covid-19 berturut-turut membatasi jumlah jamaah haji tahunan untuk sejumlah penduduk, tidak termasuk jutaan orang asing yang biasanya berduyun-duyun ke Makah untuk ritual yang wajib dilakukan oleh setiap Muslim yang berbadan sehat, setidaknya sekali seumur hidup.

Baca Juga

Dengan bertambahnya usia dan kesehatan yang menurun, Ahmed, seorang Mesir berusia 68 tahun, menangis selama berhari-hari ketika pembatasan diumumkan tahun lalu, beberapa bulan setelah pandemi virus corona melanda.

"Saya sudah membayar biro perjalanan dan sudah benar-benar mulai mempersiapkan segalanya," kata pensiunan pegawai negeri ini, dilansir dari laman France 24, Rabu (21/7)

 

"Saya sangat ingin menunaikan haji sebelum saya meninggal. Saya tidak tahu apakah saya masih hidup tahun depan," isaknya, sambil memegang tasbih Muslim berwarna biru.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement