Kamis 22 Jul 2021 12:10 WIB

Joe Biden: Anak dengan Vaksin Covid-19 Bisa tanpa Masker

Joe Biden menegaskan anak yang belum divaksinasi Covid-19 harus bermasker

Red: Nur Aini
Presiden AS Joe Biden
Foto: AP/Evan Vucci
Presiden AS Joe Biden

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Rabu (21/7) mengatakan bahwa Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) kemungkinan akan menyarankan anak-anak yang belum divaksin Covid-19 untuk memakai masker saat kembali bersekolah musim gugur ini usai menghabiskan liburan musim panas.

CDC "akan mengatakan, apa yang harus Anda lakukan adalah setiap orang berusia di bawah 12 tahun harus memakai masker di sekolah. Itulah yang mungkin akan terjadi," kata Biden di balai kota Cincinnati, Ohio, menanggapi pertanyaan orang tua yang khawatir tentang keselamatan anaknya di sekolah.

Baca Juga

Namun, anak-anak di atas 12 tahun yang sudah divaksin "tidak perlu memakai masker", kata Biden pada kerumunan orang yang telah divaksin penuh.

"Nanti akan jadi ketat, apakah ayah dan ibu jujur mengatakan bahwa Johnny sudah atau belum divaksin," kata Biden.

Pernyataan Biden muncul saat kasus Covid-19 melonjak di sejumlah negara bagian sementara upaya vaksinasi terhenti akibat skeptisisme dan disinformasi. Orang-orang Amerika yang lelah akibat masa karantina yang panjang menyambut dicabutnya aturan pemakaian masker pada musim semi dan panas tahun ini. Keharusan memakai masker telah dipolitisasi di awal pandemi, ketika presiden sebelumnya, Donald Trump, dan tokoh Republik lainnya menolak saran dari pejabat kesehatan bahwa masker menghentikan penyebaran virus.

Biden menambahkan bahwa anak-anak berusia di bawah 12 tahun akan diberikan vaksin "segera". Rekomendasi CDC tidak mengikat dan aturan masker di sekolah akan diputuskan masing-masing distrik. Sejauh ini, beberapa distrik telah mengadopsi aturan yang lebih ketat sementara distrik lainnya tidak menerapkan sama sekali.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement