Kamis 22 Jul 2021 17:56 WIB

Jamaah Haji Lanjutkan Lempar Jumrah untuk Hari Kedua

Jamaah bergerak dengan mudah dan nyaman dari satu pilar ke pilar berikutnya.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah Haji Lanjutkan Lempar Jumrah untuk Hari Kedua
Foto: Reuters
Jamaah Haji Lanjutkan Lempar Jumrah untuk Hari Kedua

IHRAM.CO.ID, MINA -- Jamaah haji telah melaksanakan prosesi lempar jumrah (kerikil) di tiga pilar atau tiang (Jamarat) yang melambangkan syetan, Rabu (21/7) waktu setempat. Jamaah melempar jumrah bertepatan dengan hari pertama tasyrik 11 Dzulhijjah dan hari keempat pelaksanaan haji.

Jamaah haji melaksanakan ritual lempar jumrah dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Dengan mengenakan masker dan pakaian biasa setelah keluar dari ihram pada Selasa (20/7) waktu setempat, jamaah haji bergerak secara tertib dan lancar dengan tetap menjaga jarak fisik.

Baca Juga

Setibanya di Jamarat di Mina, jamaah melantunkan takbir 'Allahu Akbar' sembari melempar jumrah di tiga pilar, yakni Jamarat Al-Sugra (tiang kecil), Jamarat Al-Wusta (tiang sedang), dan terakhir Jamarat Al-Aqaba (pilar terbesar), masing-masing sebanyak tujuh kali.

Dilansir di Arab News, Kamis (22/7), jamaah bergerak dengan mudah dan nyaman dari satu pilar ke pilar berikutnya saat mereka melemparkan kerikil ke pilar tersebut. Jamaah kemudian melaksanakan sholat usai melempar jumrah di dua pilar pertama dan keluar segera setelah melempar jumrah di Jamarat ketiga, mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW.

Sesuai dengan protokol pencegahan virus corona selama ibadah haji tahun ini, sekitar 60 ribu jamaah haji domestik pria dan wanita yang berasal dari 150 negara berangkat dari kamp mereka di Mina ke Kompleks Jamarat pada waktu yang dijadwalkan pada Rabu sore. Prosesi lempar jumrah tersebut dimulai pada Selasa (20/7) dengan hanya melempar jumrah di Jamarat Al-Aqaba.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement