Kamis 22 Jul 2021 20:53 WIB

1.634 Pasien Covid-19 Jalani Isoman di Malang

Sebanyak 1.634 pasien Covid-19 di Malang jalani isoman di rumah.

Sebanyak 1.634 pasien Covid-19 di Malang jalani isoman di rumah.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Sebanyak 1.634 pasien Covid-19 di Malang jalani isoman di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Dinas Kesehatan Kota Malang menyatakan, jumlah pasien terkonfirmasi positif virus corona jenis baru yang menjalani isolasi mandiri di wilayah Kota Malang, Jawa Timur, mencapai 1.634 orang. Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr Husnul Muarif, di Kota Malang, Kamis (22/7), mengatakan, data pasien konfirmasi yang menjalani masa isolasi mandiri tersebut cenderung fluktuatif.

"Pasien isolasi mandiri di Kota Malang, untuk saat ini yang masuk dalam catatan adalah yang terkonfirmasi positif dengan swab PCR. Jumlahnya sebanyak 1.634 orang," katanya.

Baca Juga

Husnul menjelaskan, para pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang tengah melakukan isolasi mandiri tersebut diimbau untuk melapor ke RT/RW, dan puskesmas wilayah terdekat agar dilakukan pemantauan kondisi klinis pasien. Menurutnya, dengan adanya laporan tersebut, kondisi klinis pasien terpantau dengan baik. Jika membutuhkan rujukan penanganan medis di rumah sakit, maka pihak puskesmas terdekat akan bisa segera melakukan tindakan medis.

"Jika mendapatkan hasil positif, baik PCR atau antigen, segera melapor agar dilakukan pemantauan kondisi klinis, termasuk pasokan obat-obatan. Laporan ini, juga bertujuan untuk mengurangi kasus yang terlambat untuk dirujuk," katanya.

Selain pasien konfirmasi positif Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah, lanjutnya, saat ini terdapat 436 pasien yang menjalani perawatan dalam pantauan di fasilitas layanan kesehatan yang disediakan, seperti Rumah Sakit Lapangan Idjen Boulevard.

"Untuk yang pantauan, ada yang di rumah sakit rujukan dansafe house, jumlahnya itu 436 orang," katanya.

Pemerintah Kota Malang telah menyalurkan bantuan berupa 1.500 paket sembako kepada masyarakat yang tengah melakukan isolasi mandiri. Dari 1.500 paket bantuan tersebut, 1.250 paket di antaranya akan didistribusikan ke lima kecamatan di Kota Malang.

Sementara, 250 paket lainnya akan diserahkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang. Pemerintah Kota Malang menyatakan akan memberikan bantuan kepada warga yang tengah menjalani isolasi mandiri akibat terpapar Covid-19.

Tercatat, di Kota Malang, secara keseluruhan ada 9.281 kasus konfirmasi positif Covid-19. Dari total tersebut, sebanyak 6.503 orang dilaporkan telah sembuh, 708 dinyatakan meninggal dunia dan sisanya berada dalam perawatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement