Kamis 22 Jul 2021 22:02 WIB

TK Al Azhar 1 Kebayoran Baru Gelar MPLS

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bertujuan untuk membangun silaturahim.

Kepala TK Al Azhar 1 Kebayoran Baru, Hj Ulfa Chairat MPd memberikan kata sambutan pada acara Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi para peserta didik baru tahun pelajaran 2021-2022, Senin (12/7).
Foto: Dok TK Al Azhar 1 Kebayoran Baru
Kepala TK Al Azhar 1 Kebayoran Baru, Hj Ulfa Chairat MPd memberikan kata sambutan pada acara Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi para peserta didik baru tahun pelajaran 2021-2022, Senin (12/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Toddler, Kelompok Bermain dan TK  Islam Al Azhar 1 Kebayoran Baru,  Jakarta Selatan tahun pelajaran 2021-2022 mengadakan pembukaan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), bagi peserta didik baru.  Kegiatan tersebut diadakan pada Senin (12/7).

Acara MPLS itu dilaksanakan secara online menggunakan Zoom meeting, dan dihadiri oleh seluruh guru, tenaga kependidikan, peserta didik dan orang tua peserta didik. 

Kegiatan MPLS diisi dengan kegiatan yang menarik, bernilai adab, sosial, keagamaan dan tentunya disajikan dengan tingkatan usia peserta didik. “Walaupun saat ini masih dalam masa pandemi, hal itu  tidak mengurangi semangat ibu-ibu guru untuk mempersiapkan kegiatan yang menyenangkan melalui Zoom meeting,” kata Babay Nurbani selaku koordinator MPLS, melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (22/7).

Ia menambahkan, tujuan dari MPLS yaitu untuk membangun silaturahim  antara guru, peserta didik, tenaga kependidikan, dan orang tua peserta didik. Selain itu, memperkenalkan lingkungan sekolah. 

Tidak kalah pentingnya, kata dia, membantu proses adaptasi anak dengan lingkungan sekolah, guru dan teman. “MPLS juga bertujuan memberikan motivasi agar anak senang bermain sambil belajar; serta  menanamkan rasa percaya diri dan mandiri anak sebelum memasuki pembelajaran,” ujar Babay Nurbani.

Ia menjelaskan, kegiatan MPLS ini diharapkan dapat bermanfaat bagi peserta didik, sehingga anak mengenal lingkungan sekolah dengan baik. “Anak dapat mengikuti kegiatan belajar sambal bermain yang menyenangkan. Anak mengetahui cara kerja teknologi melalui Zoom meeting,” paparnya.

Kegiatan MPLS yaitu diawali dengan sosialisasi MPLS/pra MPLS via Zoom dengan orang tua murid pada tanggal 10 Juli 2021. Adapun gebyar MPLS hari pertama sekolah diisi dengan  pengenalan lingkungan taman bermain, kelas, ruang penunjang, masjid, dan lain-lain.  Selain itu, mendengarkan dongeng menyambut Idul Adha,  praktik shalat Idul Adha menyambut hari besar umat Islam, drive thru pemberian bahan pembelajaran untuk murid, dan open house/ pertemuan awal tahun pelajaran 2021/2022.

Kepala TK Al Azhar 1 Kebayoran Baru, Hj Ulfa Chairat MPd memberikan sambutan selamat bergabung dan ucapan terima kasih kepada orang tua peserta didik, yang sudah memercayakan anak-anaknya di Toddler, Kelompok Bermain, serta  TK Islam Al Azhar 1 Kebayoran Baru,  Jakarta Selatan. “Kami berharap, semoga dengan kegiatan MPLS,  ananda dapat beradaptasi dengan lingkungan  sekolah, guru dan teman-teman, sehingga dalam pembelajaran nanti anak-anak sudah dapat belajar melalui bermain dengan suasana yang menyenangkan,” ujar Ulfa Chairat.

Pada acara pembukaan MPLS,  Sutiyono MPd selaku Pengawas Diknas Kecamatan Kebayoran Baru Jakarta Selatan berpesan agar orang tua ikut mendampingi ananda selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)  dan ikut berperan aktif dengan kegiatan sekolah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement