Filipina Promosikan Masakan Halal Mindanao untuk Wisatawan

Jumat , 23 Jul 2021, 08:45 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Agung Sasongko
Umat muslim di Filipina
Umat muslim di Filipina

Proyek ini juga bertujuan untuk mendokumentasikan praktik kuliner Mindanao, menciptakan pengalaman dan atraksi oleh unit pemerintah daerah dan perusahaan swasta bagi wisatawan, dan mempromosikan industri pariwisata halal di kawasan itu melalui pemetaan kuliner dan warisan. Seri video DoT menampilkan perusahaan bersertifikat halal dan ramah Muslim di seluruh pulau Mindanao.

 

Terkait

May Salvana-Unchuan, seorang direktur di DoT, mengatakan aspek masakan halal, cara halal dalam melakukan sesuatu, dan pariwisata ramah Muslim tidak diketahui sebelumnya, tetapi menjadi konsep yang populer.

Jamal Munib, komisaris di Komisi Nasional Muslim Filipina, mengatakan muslim bukan satu-satunya yang menganjurkan makanan halal, karena non-Muslim dapat melihat betapa bersihnya masakan halal. “Secara global, industri halal (tumbuh) sekitar 2,3 triliun USD," kata Munib.

Gurlie Fronoza, petugas pariwisata di Kota Cotabato, mengatakan produk kuliner halal itu sehat karena pada dasarnya organik.

“Jika Anda mencari lebih banyak petualangan dalam makanan Anda daripada menu biasa yang diberikan kepada kami di restoran, Anda harus mencoba yang halal,” tambah Fronoza.

Badan Promosi Pariwisata, sebuah badan dari DoT, mengatakan akan meningkatkan dukungannya untuk pembentukan ekosistem halal yang lengkap melalui inisiatif yang akan lebih mengembangkan dan mempromosikan atraksi dan layanan wisata ramah Muslim di negara tersebut.