Peran Wanita dalam Pelayanan Jamaah Haji Makin Berkembang

Jumat , 23 Jul 2021, 21:44 WIB Reporter :Meiliza Laveda/ Redaktur : Ani Nursalikah
Peran Wanita dalam Pelayanan Jamaah Haji Makin Berkembang. Polisi wanita Saudi, Samar, yang baru-baru ini dikerahkan ke layanan, berdiri waspada di depan Kabah  di Masjidil Haram, selama ziarah haji tahunan, di kota suci Arab Saudi Mekah, Selasa, 20 Juli. 2021.
Peran Wanita dalam Pelayanan Jamaah Haji Makin Berkembang. Polisi wanita Saudi, Samar, yang baru-baru ini dikerahkan ke layanan, berdiri waspada di depan Kabah di Masjidil Haram, selama ziarah haji tahunan, di kota suci Arab Saudi Mekah, Selasa, 20 Juli. 2021.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Kehadiran dan partisipasi perempuan di semua lapisan masyarakat Arab Saudi berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir berkat inisiatif Visi Saudi 2030. Salah satu yang terlihat adalah penjaga wanita yang bertugas untuk pertama kalinya pada haji tahun ini.

 

Terkait

Kini wanita bisa mengambil bagian di hampir semua sektor yang terlibat dalam melayani jamaah termasuk sektor keamanan dan pelayanan. Kontribusi mereka dinilai mengesankan dalam memastikan keamanan dan keselamatan jamaah.

Baca Juga

Belakangan ini terjadi peningkatan besar-besaran jumlah perempuan yang mewakili berbagai sektor Kementerian Dalam Negeri antara lain Pertahanan Sipil dan Direktorat Jenderal Paspor (Jawazat) dalam pengorganisasian, pemeriksaan, pemantauan, tindak lanjut lapangan, penerjemahan, dan komunikasi.

Dikutip Saudi Gazette, Jumat (23/7), Pemerintah Penjaga Dua Masjid Suci telah mendukung kehadiran perempuan di berbagai bidang dan memungkinkan mereka untuk menjadi mitra dalam transformasi luar biasa yang sejalan dengan Visi Kerajaan 2030.

Visi tersebut menganggap perempuan sebagai komponen penting dari kekuatan Kerajaan. Pemerintah berupaya mengasah keterampilan mereka, menginvestasikan energi mereka, dan memungkinkan mereka memperoleh peluang yang tepat untuk membangun masa depan mereka dan berkontribusi pada pengembangan masyarakat dan ekonomi.

Hal ini diwujudkan melalui penyediaan faktor-faktor yang membantu memberdayakan mereka dengan memperoleh kemauan politik, potensi ekonomi, dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya peran perempuan dalam pembangunan.

Para tentara wanita memberikan kontribusi luar biasa dalam hal meningkatkan keamanan di Masjidil Haram dan tempat-tempat suci serta memastikan keamanan jamaah selama musim haji tahun ini.

Ini termasuk personel Pertahanan Sipil yang telah mengemban berbagai tugas dan misi keselamatan di tempat-tempat suci sepanjang waktu. Beberapa dari mereka bertugas untuk memastikan keamanan kamp-kamp peziarah sementara yang lain ditempatkan untuk mencegah dan melindungi kamp-kamp dari kebakaran. Ada pula yang memantau pemadam kebakaran dan peralatan listrik. 

https://saudigazette.com.sa/article/609057/SAUDI-ARABIA/Role-of-women-in-serving-Hajj-pilgrims-growing

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini