Ahad 25 Jul 2021 21:26 WIB

Produksi Ikan Konsumsi di Kabupaten Bogor Turun

Pemerintah Kabupaten Bogor diminta memberi insentif pada peternak ikan.

Produksi Ikan Konsumsi di Kabupaten Bogor Turun. Seorang petani memberi makan ikan nila di sebuah peternakan.
Foto: EPA-EFE/Bagus Indahono
Produksi Ikan Konsumsi di Kabupaten Bogor Turun. Seorang petani memberi makan ikan nila di sebuah peternakan.

IHRAM.CO.ID, CIBINONG -- Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bogor, Jawa Barat mencatat ada penurunan pada produksi sektor ikan konsumsi di wilayahnya selama pandemi.

"Berdasarkan perkembangan produksi perikanan menurut jenis ikan, untuk ikan konsumsi dari semula 125 ribu ton pada 2019, menurun jadi 118 ribu ton pada tahun 2020," ungkap Koordinator Fungsi Statistik Sosial BPS Kabupaten Bogor, Ujang Jaelani, Ahad (25/7).

Baca Juga

Menurutnya, angka produksi ikan konsumsi di tahun 2019 tersebut sudah mengalami peningkatan dari angka produksi 2018 yang seberat 122 ribu ton. Namun, Ujang mencatat area perikanan di Kabupaten Bogor tidak mengalami perkembangan sejak empat tahun terakhir.

Sejak 2017 hingga sekarang area perikanan ikan konsumsi hanya seluas 2.139 hektare. Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mendorong pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memberikan insentif untuk para peternak ikan agar bisnisnya bisa selamat meski di tengah kondisi pandemi.

"Harusnya ada insentif, contohnya insentif pemberian pakan, dari hibah pemerintah Kabupaten Bogor," ujarnya.

Menurutnya, strategi pemulihan ekonomi imbas pandemi yang dilakukan Pemkab juga seharusnya menyasar para peternak, yang kini kondisinya memprihatinkan. "Kita wilayah Kabupaten Bogor seperti Ciseeng, itu merupakan wilayah sentra perikanan. Pada saat pandemi hari ini pemasaran mereka berkurang, ekspor juga berkurang jauh," katanya.

Jika bercermin dari Laporan Pertanggungjawaban (LPj) 2020 Bupati Bogor, stimulus yang diberikan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan untuk para peternak hingga kini masih minim. Rudy meminta Dinas Perikanan dan Peternakan bersiap memberikan sejumlah insentif kepada para peternak pada 2022 agar kondisi perekonomian terselamatkan.

"Dinas Perikanan dan Peternakan, supaya bersiap di 2022. Hari ini semestinya banyak pemberian hibah, hewan ternak, pakan ternak, dan bibit-bibit pertanian. Sebelum hancur harus ada pendampingan," kata Rudy.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement