Selasa 27 Jul 2021 03:18 WIB

Pemkab Barito Utara Berupaya Penuhi Kebutuhan Oksigen

Alat terapi yang dihasilkan dapat dipakai sebagai pengganti tabung oksigen.

Pemkab Barito Utara Berupaya Penuhi Kebutuhan Oksigen (ilustrasi).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Pemkab Barito Utara Berupaya Penuhi Kebutuhan Oksigen (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,MUARA TEWEH -- Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, berupaya memenuhi kebutuhan oksigen untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muara Teweh yang mulai menipis.

"Saya instruksikan meminjam sementara konsentrator oksigen dari puskesmas sebanyak 14 unit," kata Bupati Barito Utara Nadalsyah pada rapat membahas ketersediaan oksigen di rumah jabatan bupati setempat di Muara Teweh, Senin (26/7).

Pertemuan itu juga dihadiri Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Ketua DPRD Mery Rukaini, Sekretaris Daerah Jainal Abidin, Kapolres Barut AKBP Dodo Hendro Kusuma dan pejabat lainnya.

Bupati juga meminta Direktur RSUD Muara Teweh dan Direktur Perusahaan Daerah "Batara Membangun" untuk berusaha memenuhi oksigen yang dipesan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. "Saya dan Ketua DPRD Provinsi Kalsel telah memfasilitasi pemesanan tersebut," kata Nadalsyah.

Dia juga menginstruksikan kepada BPBD agar membuat alat terapi uap air dan ramuan untuk terapi pasien COVID-19. "Nanti alat terapi akan diseberluaskan kepada masyarakat khususnya pada masyarakat yang menjalani isolasi mandiri," katanya.

Nadalsyah berharap alat terapi yang dihasilkan dapat dipakai sebagai pengganti tabung oksigen dalam penanganan pasien COVID-19 dan persediaan tabung oksigen dapat terpenuhi, sehingga dalam penanganan pasien COVID-19 dapat berjalan dengan baik.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement