Selasa 27 Jul 2021 12:41 WIB

Presiden Jokowi Luncurkan Core Values ASN Berakhlak

ASN harus mampu berkolaborasi dan menghilangkan ego.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus Yulianto
Presiden Jokowi
Foto: Dokumentasi Sekretariat Negara RI
Presiden Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, seluruh aparatur sipil negara (ASN) harus memiliki orientasi yang sama dalam bekerja. Yakni, memberikan pelayanan terbaiknya untuk membantu masyarakat. Orientasi para pejabat ASN saat ini harus berbeda dari zaman kolonial yang justru meminta untuk dilayani.

“ASN bukan pejabat yang justru minta dilayani yang bergaya seperti pejabat zaman kolonial dulu. Itu tidak boleh lagi, bukan zamannya lagi. Setiap ASN harus mempunyai jiwa untuk melayani untuk membantu masyarakat,” kata Jokowi dalam sambutannya di acara Launching Core Value dan Employee Value Proposition ASN Berakhlak, Selasa (27/7).

Karena itu, untuk memberikan layanan terbaiknya kepada masyarakat, ASN dilengkapi dengan kewenangan dan sumber daya yang diberikan oleh negara. Presiden pun mengingatkan, otoritas dan sumber daya ini harus digunakan secara akuntabel serta dengan loyalitas tinggi kepada pemerintah, bangsa, dan negara serta menjaga kehidupan masyarakat yang harmonis.

Di tengah dunia yang penuh dengan disrupsi saat ini, ASN perlu meningkatkan kapasitas dan kompetensinya, serta kemampuan beradaptasi dengan perubahan. Sebab, kata Jokowi, banyak masalah yang tidak bisa hanya diselesaikan oleh satu dinas, daerah, kementerian/lembaga, bahkan oleh satu keahlian saja.

“Kolaborasi lintas organisasi, lintas daerah, lintas ilmu, lintas profesi menjadi sangat penting. Semua masalah selalu lintas sektor dan lintas disiplin,” ucap dia.

Presiden pun menekankan, ASN harus mampu berkolaborasi dan menghilangkan ego, baik ego sektor, ego daerah, maupun ego ilmu dalam menjalankan tugasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement