Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Catatanteknisi

8 Cara Mengatasi Wifi Lemot, Internetan Dijamin Lancar

Teknologi | Tuesday, 27 Jul 2021, 06:09 WIB

Banyak faktor yang menyebabkan koneksi WiFi menjadi lemot, diantaranya adalah gangguan pada sinyal Wifi, masalah pada Router, jumlah user yang sedang mengakses Wifi secara bersamaan dan masalah jaringan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi wifi lemot agar internetan kembali lancar.

1. Test Dulu Kecepatan Internet

Lakukan beberapa kali pengecekan untuk mengetahui kecepatan dan kestabilan koneksi internet yang kita peroleh. Caranya, buka browser dan kunjungi halaman uji kecepatan internet

<a href=Halaman Pengujian Kecepatan Internet" />
Halaman Pengujian Kecepatan Internet

Klik tombol Start test, untuk memulai pengujian, tunggu beberapa saat dan lihat hasilnya, apakah nilai upload / downloadnya sesuai dengan paket internet yang kita beli atau sama dengan kecepatan internet biasanya atau tidak.

2. Restart Modem atau Router

Dalam beberapa situasi, merestart modem atau router bisa mengatasi masalah wifi yang tiba-tiba lemot.

Untuk merestart modem atau router kita bisa mematikannya lewat saklar atau tombol power atau bisa juga dengan mencabut langsung adaptornya. Tunggulah sekitar 10-15 detik kemudian baru dinyalakan kembali.

3. Perhatikan Posisi Wifi Access Point atau Router

Penempatan posisi Access Point atau Wifi Router mempunyai pengaruh besar pada kualitas sinyal yang dipancarkan. Perangkat Wifi biasanya menggunakan antena tipe Omni yang memancarkan sinyal ke segala arah. Oleh karena itu posisi yang terbaik adalah ditempatkannya di tengah ruangan dan di titik yang lebih tinggi, dengan jangkauan optimal sekitar 6-10 meter.

Kualitas sinyal Wifi akan menurun saat menembus dinding semen, beton atau logam. Gangguan siyal juga dapat berasal dari perangkat yang mempunyai frekuensi sinyal yang sama seperti microwave, telepon nirkabel, bluetooth, mainan remote control, dan interferensi dengan sinyal Wifi yang lain.

4. Periksa Sistem Komputer / Laptop

Koneksi internet yang lemot juga bisa disebabkan karena sistem komputer atau laptop yang kita gunakan tanpa kita sadari sedang melakukan download yang menyedot banyak bandwidth seperti windows update yang sedang jalan, banyak tab yang terbuka, sinkronisasi data lokal komputer dengan layanan cloud dan lain sebagainya.

Untuk lebih detailnya bisa dibaca pada Cara Mempercepat Koneksi Internet.

5. Seting Ulang Perangkat Wifi

Cara mengatasi Wifi lemot berikutnya adalah dengan melakukan beberapa penyesuaian setingan yang terdapat pada Acces Point atau Wifi Router.

– Mengubah Chanel

Sebelum mengubah chanel wifi, kita harus mengetahui dulu nomor chanel yang kosong. Gunakan tools Wifi Scanner untuk mengetahui chanel mana yang tidak digunakan oleh perangkat yang lain.

– Atur Tx Power

Semakin besar Tx Power maka daya pancar sinyal Wifi akan semakin luas tetapi dampaknya sinyal wifi akan lebih rentan terhadap gangguan yang bisa menyebabkan turunnya kecepatan dan tidak stabilnya sinyal Wifi. Coba turunkan Tx Power ini menjadi 50-75 persen dan coba amati hasilnya.

– Batasi Jumlah User

Semakin banyak user yang terhubung ke jaringan wifi akan semakin banyak menyedot bandwidth dan membebani kinerja router.

Kurangi jumlah user yang bisa mengakses wifi secara bersamaan untuk meningkatkan kestabilan & kecepatan internet.

– Menerapkan Management Bandwidth

Beberapa Access Point bisa melakukan pembatasan kecepatan bandwidth secara sederhana, tetapi apabila membutuhkan manajemen bandwidth yang lebih mumpuni, kita membutuhkan perangkat tambahan seperti misalnya Mikrotik Router.

6. Ganti Access Point atau Wifi Router

Pemilihan Access Point atau Wifi Router yang tepat harus mempertimbangkan berbagai hal diantaranya pemilihan spek router untuk kebutuhan indoor atau outdoor, jumlah user yang akan terhubung, teknologi wifi yang digunakan, faktor lingkungan sekitar dan lain sebagainya.

Acces Point atau Wifi Router yang telah menggunakan teknologi wifi terbaru Wi-Fi 6 secara teori bisa meningkatkan performa jaringan secara signifikan, tetapi yang harus kita perhatikan juga adalah apakah perangkat user yang akan terhubung juga sudah mendukung teknologi yang sama? Kalau belum tentu manfaat yang akan kita peroleh menjadi kurang maksimal.

7. Upgrade Paket Internet

Apabila koneksi internet Wifi lemot ternyata karena memang paket internet yang kita gunakan sudah tidak mengakomodir kebutuhan, maka saatnya untuk mengupgrade layanan paket internet.

Cobalah upgrade layanan internet ke paket dengan kecepatan download / upload yang lebih tinggi dan rasakan perubahannya.

8. Pindah Layanan Internet Service Provider

Ketika koneksi internet sering down, tidak stabil dan beragam gangguan lainnya yang terus terjadi, maka pindah layanan penyedia jasa internet / ISP merupakan langkah terakhir yang bisa kita pertimbangkan.

Update artikel ini bisa dibaca pada halaman Cara Mengatasi WiFi Lemot.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image