Rabu 28 Jul 2021 20:20 WIB

Kiat Kelola Keuangan Milenial di Masa Pandemi

Bank Indonesia memberikan kiat mengelola keuangan bagi milenial.

Generasi milenial/ilustrasi
Foto: Flickr
Generasi milenial/ilustrasi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia memberikan kiat mengelola keuangan bagi milenial di masa pandemi ini. Edukasi dan sosialisasi keuangan penting bagi milenial karena mereka merupakan 'critical economic player' (pemain penting dalam ekonomi)," kata Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Junanto Herdiawan, saat webinar tentang literasi finansial, Rabu (28/7).

Menurut Junanto, ada empat hal yang perlu diperhatikan generasi muda saat mengelola keuangan.Pertama, dia harus memahami kondisi keuangan saat ini sebelum mulai mengatur keuangan.Kedua, pahami perbedaan kebutuhan dengan keuangan.

Baca Juga

Untuk membedakan hal ini, Junanto memberi contoh, makan merupakan kebutuhan, sementara makan burger adalah keinginan.Berlaku juga dalam pengelolaan keuangan, pahami apa saja yang menjadi kebutuhan dan mana yang keinginan, kemudian tentukan uang tersebut akan digunakan untuk apa.

Ketiga, pahami ketentuan yang berlaku, informasi ini bisa didapatkan di situs atau media sosial resmi Bank Indonesia. Memahami aturan yang berlaku ini bertujuan agar tidak mudah terperdaya informasi keuangan atau investasi yang ilegal.

Terakhir, jika ingin berinvestasi, pastikan menggunakan instrumen yang tepat.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement