Masjid Ar Rahman di Melayu Terinspirasi dari Indonesia

Kamis , 29 Jul 2021, 07:57 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Esthi Maharani
Masjid Ar Rahman Malaysia
Masjid Ar Rahman Malaysia

IHRAM.CO.ID, TEHRANl – Masjid Ar-Rahman terletak di desa Kampung Pulau Gajah di Negara Bagian Kelantan, Malaysia. Masjid ini memiliki arsitektur dan desain yang unik dengan menghadap ke pemandangan alam yang indah dan tenang. Masjid yang dibangun di area seluas 5.000 kaki persegi (464,5 meter persegi). Masjid yang dibangun lima tahun lalu ini dikelilingi oleh sungai buatan.

 

Terkait

Masjid Ar-Rahman dibangun untuk memenuhi peningkatan jumlah pengunjung di Mukim Pulau Gajah. Ide dan inspirasi untuk membangun masjid ini berasal dari para dermawan yang sering bepergian dan terinspirasi dari beberapa masjid di luar negeri seperti Masjid Agung Demak di Jawa Tengah, Indonesia dan yang ada di Turki dan Maroko.

Di tengah aula terdapat lima tiang kayu solid yang melambangkan lima rukun Islam. Sedangkan kubahnya terdapat sketsa 15 bintang dan kaligrafi Khulafa' Ar-Rasyidin yang dibuat melingkar, terinspirasi dari Masjid Biru di Turki.

Dilansir dari IQNA, Kamis (29/7), masjid Ar-Rahman mampu menampung hingga 1000 orang. Masjid ini selesai dibangun dalam dua tahun, dengan melibatkan enam orang tukang bangunan asal Indonesia. Masjid ini menawarkan tempat parkir yang cukup luas, tempat rekreasi dan kantin untuk kenyamanan pengunjung dan jamaah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini