Kamis 29 Jul 2021 10:51 WIB

Musim Panas di Saudi, Tarik Minat Pecinta Hiking

Awan menyelimuti puncak pegunungan tinggi di Baha

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Baha dijuluki
Foto: Arab News
Baha dijuluki "Kota Kabut" dan "Tetangga Awan" karena memiliki hutan dengan pemandangan alam yang indah

IHRAM.CO.ID, BAHA -- Di wilayah selatan Arab Saudi, awan menyelimuti puncak pegunungan tinggi di Baha. Hal ini menciptakan lukisan artistik yang menarik pengunjung dari seluruh dunia.

Dijuluki "Kota Kabut" dan "Tetangga Awan", kota ini memiliki hutan dengan pemandangan alam yang indah dan memikat setiap pecinta berkemah. Di pegunungannya, pejalan kaki dapat mencapai puncak ketinggian, sementara bagi para intelektual, warisan dan sejarah kuno di museum dan benteng megah menanti mereka.

Dilansir di Arab News, Kamis (29/7), berbagai medan tersedia baik lembah, gunung dan hutan yang menawarkan suhu musim panas tidak melebihi 32 derajat Celcius. Di malam hari, suhu turun hingga 17 derajat, membuat suasana musim panas terasa luar biasa bagi wisatawan, utamanya yang berasal dari daerah bersuhu tinggi.

Di antara hutan yang tersebar di Baha, terdapat Taman Hutan Raghadan yang menarik wisatawan untuk berkemah di antara pohon juniper dan akasia hijau tua yang tinggi. Hutan ini menghadap ke King Fahd Mountain Road yang menghubungkan Baha dengan kawasan Tihama.

Wisatawan dapat menikmati dan menyaksikan awan naik dari Tihama ke puncak gunung di kawasan Sarat pada dini hari. Pada sore hari, awan yang sering sarat dengan partikel air jatuh di suatu tempat di Baha.

Pengunjung wisata pertanian di wilayah tersebut dapat memetik apel, delima, aprikot, atau buah-buahan lainnya dan memakannya di tempat. Tumbuhan dan tanaman alami diairi dengan air hujan atau reservoir hujan terdekat.

Pengunjung hutan dan peternakan tidak boleh melewatkan mencicipi madu yang diproduksi secara lokal dan menyaksikan proses penyaringan maupun ekstraksi madu dari sarang lebah yang tersebar di musim panas. Pengunjung dapat membeli madu alami yang bebas bahan pengawet, serta membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Kesenangan yang bisa dinikmati pelancong tidak berhenti di sini. Baha telah menyiapkan jalur aman bagi pejalan kaki untuk mendaki gunung. Sesampainya mereka di puncak, paralayang melalui langit Baha telah disiapkan.

Semua fitur unik ini memenuhi syarat Baha untuk menjadi salah satu dari 11 destinasi wisata yang diumumkan oleh Otoritas Pariwisata Saudi melalui platform “Visit Saudi Arabia”. Pihak berwenang meluncurkan Program Musim Panas Saudi 2021 di bawah slogan "Our Summer, Your Mood" dari 24 Juni hingga akhir September. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement