Masjid Bergaya Sudan di Pantai Gading Masuk Warisan Dunia

Kamis , 29 Jul 2021, 14:57 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Agung Sasongko
Masjid Bergaya Sudan (Ilustrasi)
Masjid Bergaya Sudan (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  YAMOUSSOUKRO -- Masjid-masjid bergaya Sudan di Pantai Gading utara ditambahkan ke dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO pada Selasa (27/7) selama sesi ke-44 dari Komite Warisan Dunia yang saat ini tengah berlangsung. Masjid tersebut menjadi properti Afrika pertama yang tertulis dalam daftar bergengsi ini selama pertemuan komite tahun ini.

 

Terkait

Dilansir di China.org, Kamis (29/7), properti bersambungan itu mencakup delapan masjid kecil dari batako dan lumpur. Menurut UNESCO, gaya khas Sudan dari masjid-masjid di negara Afrika Barat ini menyerupai masjid yang berasal dari sekitar abad ke-14 yang berdiri di kota Djenne di Mali tengah.

Baca Juga

Masjid-masjid bergaya Sudan itu menyajikan kesaksian yang sangat penting tentang perdagangan trans-Sahara yang memfasilitasi perluasan Islam dan budaya Islam. Masjid-masjid tersebut juga mencerminkan perpaduan dari bentuk arsitektur Islam dan lokal dalam gaya yang sangat khas, yang bertahan dari waktu ke waktu.

Sebelum pertemuan, Dewan Internasional untuk Monumen dan Situs, badan penasihat resmi komite, merekomendasikan agar komite menunda pemeriksaan dari nominasi tersebut untuk diajukan kembali.