Menelusuri Jejak Peninggalan Islam di Spanyol

Kamis , 29 Jul 2021, 20:40 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Istana Alcazar di Kota Sevilla, Spanyol
Istana Alcazar di Kota Sevilla, Spanyol

Masjid Cordoba di Mezquita 

 

Terkait

Dibangun pada abad ke-16, Masjid Agung Cordoba diakui karena gaya arsitekturnya. Desain bangunan ini melambangkan pengaruh dan kekuasaan kaum Muslim di negara Barat selama bertahun-tahun.

Awalnya, Abdurrahman membeli setengah dari Katedral itu supaya komunitas Muslim bisa melaksanakan ibadah mereka. Dia kemudian memperoleh setengah lainnya untuk membangun masjid baru. Tidak lama setelah itu, sebuah katedral dibangun tepat di tengah-tengah masjidnya. Maka jadilah nama 'Mezquita-Catedral' 

Masjid ini terletak di Calle Cardenal Her rero, 1, 14003 Cordoba, Spanyol. Terlihat ba nyak gerbang lengkung yang berbeda dan tebal, yang dikenal sebagai gerbang lengkung tapak kuda. Bangunan ini merupakan adap tasi gerbang lengkung Muslim pertama yang digunakan di Masjid Agung Umayah di Damaskus.

photo

Masjid Cordoba di Spanyol. - (EPA/KHALED ELFIQI)

Masjid Agung Cordoba memegang peranan penting di kalangan komunitas Islam selama tiga abad. Ia berfungsi sebagai aula untuk beribadah. Waktu yang ideal untuk mengunjungi pada pagi hari karena dari pukul 11.00 hingga pukul 15.00 cukup ramai wisatawan.

Cordoba berjarak 400 kilometer dari Madrid dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 45 menit melalui kereta AVE. Stasiun kereta api modern Cordoba terletak di Avenida de America, di ujung utara distrik pusat. 

Untuk sampai ke kota tua dan Mezquita dapat menggunakan taksi atau hanya berjalan sejauh 25 menit (berjalan di sepanjang Avenida de America dan belok kanan ke Avenida del Gran Capitan).

Bagi wisatawan yang ingin mencicipi makanan halal dapat mengunjungi restoran El Patio Andaluz dan Qurtubah Cafe & Restaurant.