Agar Dimudahkan Sholat Malam

Jumat , 30 Jul 2021, 13:45 WIB Reporter :Rossi Handayani/ Redaktur : Agung Sasongko
shalat tahajud/ilustrasi
shalat tahajud/ilustrasi

4. Membiasakan tidur qailulah (tidur sebentar di siang hari sebelum atau sesudah zhuhur) sebagai persiapan untuk melaksanakan shalat malam dan menggapai ridha Allah Subhanahu wa Ta'ala.

 

Terkait

Sholat malam merupakan salah satu kebiasaan yang sering dilakukan Rasulullah ﷺ dan menjadi syiar Islam di masa sekarang, di mana banyak orang yang melepas imannya, enggan melakukan muhasabah (mengevaluasi diri), dan jauh dari Allah Subhanahu wa Ta'ala.

5. Memikirkan tanda-tanda kebesaran Allah Subhanahu wa Ta'ala 

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,  

اِنَّ فِىۡ خَلۡقِ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ وَاخۡتِلَافِ الَّيۡلِ وَالنَّهَارِ لَاٰيٰتٍ لِّاُولِى الۡاَلۡبَابِ, 

الَّذِيۡنَ يَذۡكُرُوۡنَ اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوۡدًا وَّعَلٰى جُنُوۡبِهِمۡ وَيَتَفَكَّرُوۡنَ فِىۡ خَلۡقِ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ رَبَّنَا مَا خَلَقۡتَ هٰذَا بَاطِلًا ۚ سُبۡحٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), "Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka" (QS Ali Imran ayat 190-191).