Ikadi: Kaderisasi Ulama Harus Ditingkatkan

Jumat , 30 Jul 2021, 14:38 WIB Reporter :Muhyiddin/ Redaktur : Agung Sasongko
Ulama sangat berperan dalam pembinaan umatnya (Ilustrasi)
Ulama sangat berperan dalam pembinaan umatnya (Ilustrasi)

Dia mengatakan, sebelum adanya pandemi Covid-19, sebenarnya Ikadi sudah menyelenggarakan beberapa program kaderisasi ulama, seperti program I'dad Duat (kaderisasi da’i) dan program Pelatihan Mubaligh Ikadi (PMI).

 

Terkait

“Tapi yang sudah kita lakukan beberapa angkatan itu namanya program PMI. Ini kita selenggarakan selama beberapa kali pertemuan,” ucapnya.

Dalam program PMI tersebut, menurut dia, para peserta dibekali wawasan ilmu pengetahuan sebagai seorang dai, mulai dari tentang cara berkhutbah yang baik, berdakwah yang baik, dan dibekasi dengan wawasan Islam rahmatan lil alamin.

“Karena sejak awal IKADI memang mengusung jargon menebar Islam rahmatan lil alamin, wawasan kebangsaan, wawasan keumatan,” katanya. 

Para peserta yang sudah mengikuti program tersebut kemudian akan diberikan sertifikat dan dilantik sebagai dai. “Itu berlangsung setiap angkatannya itu tiga bulan. Alhamdulillah sekarang sudah angkatan keenam dan setiap angkatan jumlahnya 50 sampai 60 orang. Itu secara berkala kita adakan,” jelasnya.