Ait Bin Haddou Warisan Masyarakat Asli Maroko

Jumat , 30 Jul 2021, 15:30 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Salah satu bangunan di  Ait Ben Haddou, Maroko.
Salah satu bangunan di Ait Ben Haddou, Maroko.

Ait ben Haddou adalah salah satu kasbah yang menjadi magnet wisatawan.Ini adalah kompleks permukiman yang terbuat dari tanah liat. Bangunan di sana tertata rapi mulai bagian atas hingga bawah perbukitan.

 

Terkait

Pada bagian terdepannya terdapat tembok benteng lengkap dengan area penjaga an. Ini merupakan wujud arsitektur khas Maroko yang kini menjadi cagar budaya dunia.

Terletak di Provinsi Ouarzazate, Lembah Ounilla, selatan Maroko, area ini merupakan tempat kehidupan masyarakat Sahara tradisional.

Nilai budaya Ait ben Haddou

Unesco PBB mencatat nilai budaya yang terkandung dalam kompleks yang menjadi destinasi wisata selatan Maroko ini.

Ait Ben Haddou adalah kasbahyang paling terkenal di kaki pegunungan atau atlas di Kota Ouarzazate. Kota ini letaknya di jalur antara Kota Marakesh dan gurun pasir sahara di Maroko. Kasbah Ait Ben Haddou dibangun sekitar abad ke-17.

Dengan datang ke sana, pengunjung akan menyaksikan pemandangan indah berupa bangunan kuno dengan segala keunikannya.

Kalau ingin wisata ke sana, harus menghubungi agen perjalanan yang mempunyai paket wisata Maroko, terutama sekitar Kota Marrakech. Kalau kurang puas, turis bisa menapaki sendiri kasbahini dengan bus atau sewa mobil ke Kota Ouarzazate.

Ait Ben Haddou juga salah satu magnet dalam produksi film Hollywood. Karena keindahan dan keunikannya, sejak era 1960-an, kasbahAit Ben Haddou acap dijadikan lokasi pengambilan gambar film?film kolosal produksi Hollywood. Beberapa film yang sempat mengambil gambar di kas bah ini antara lain, Sodom and Go mor rah (1963), Marco Polo(1982), Gladiator(2000)yang dibintangi Russel Crowe, dan ter akhir adalah film King of Persia(2010).