Islam berjaya di Mali Berkat Peran dan Jasa Besar Para Sufi

Jumat , 30 Jul 2021, 21:54 WIB Redaktur : Agung Sasongko
 Muslimah di Timbuktu, Mali, Afrika Barat.
Muslimah di Timbuktu, Mali, Afrika Barat.

Kini, Islam adalah agama mayoritas di Mali. Negara terbesar kedua di Afrika Barat ini memiliki jumlah penduduk Muslim hingga 95 persen dari total populasi. Mayoritas Muslim Mali bermazhab Sunni yang banyak dipengaruhi oleh corak tradisi-tradisi tasawuf.

 

Terkait

Hingga saat ini, Muslim Mali dikenal toleran. Mereka dapat menyesuaikan diri dengan kondisi setempat. Para Muslimah berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi, politik, dan kehidupan sosial. Sebagian dari mereka juga ada yang tidak mengenakan kerudung.

photo

Warga berdoa saat berunjuk rasa mengecam majalah satir Perancis Charlie Hebdo di Bamako, Jumat (16/1). (REUTERS/Joe Penney) - ()

Islam di Mali masih bercampur dengan kepercayaan tradisional di Afrika. Kearifan dan tradisi lokal Mali menciptakan atmosfer keagamaan yang kondusif, plural, dan demokratis.

Dalam kehidupan beragama, hubungan antara Muslim dan penganut agama lain dilaporkan stabil hingga saat ini. Namun, memang ada beberapa kasus yang mengakibatkan ketegangan kehidupan umat beragama pada masa lalu.