Ahad 01 Aug 2021 09:37 WIB

Mengapa Para Olimpian Suka Gigit Medali?

Mereka menggigit medali karena kebiasaan memenuhi permintaan fofografer

Peraih medalo olimpiade biasa gigit medali yang diraihnya.
Foto: Google.com
Peraih medalo olimpiade biasa gigit medali yang diraihnya.

IHRAM.CO.ID, -- Pemandangan seorang Olympian yang gembira berdiri di atas podium setelah menang dalam disiplin mereka dengan meggigit medali emas di memang salah satu yang ikonik. Pemandangan seperti ini berkali-kali terjadi di Olimpiade Tokyo 2020.

Akun resmi Tokyo 2020 bahkan melangkah lebih jauh pada hari Ahad lalu untuk mencoba mengingatkan orang-orang bahwa medali tersebut sebenarnya tidak dapat dimakan."Kami hanya ingin mengonfirmasi secara resmi bahwa medali #Tokyo2020 tidak dapat dimakan," katanya.

photo
Pembalap sepeda Swiss Marlen Reusser berpose untuk foto dan menggigit medali peraknya setelah time trial individu putri. - (CNN.com)

"Medali kami terbuat dari bahan daur ulang dari perangkat elektronik yang disumbangkan oleh masyarakat Jepang. Jadi, Anda tidak perlu menggigitnya ... tapi kami tahu Anda akan tetap melakukannya."

Tetapi mengapa para atlet pemenang ini tetap memutuskan untuk merayakan penobatan mereka dengan berpura-pura menggigit medali emas mereka?

 

David Wallechinsky, Anggota Komite Eksekutif Masyarakat Internasional Sejarawan Olimpiade, mengatakan kepada CNN pada 2012 bahwa itu mungkin upaya untuk memuaskan media.

"Ini menjadi obsesi para fotografer," kata Wallechinsky, salah satu penulis "The Complete Book of the Olympics." "Saya pikir mereka melihatnya sebagai tembakan ikonik, sebagai sesuatu yang mungkin bisa Anda jual. Saya tidak berpikir itu adalah sesuatu yang mungkin dilakukan oleh para atlet sendiri."

Fenomena ini tidak eksklusif untuk Olimpiade sekalipun. Superstar tenis Rafael Nadal menjadi terkenal karena terlihat seperti ingin mengambil sebagian dari trofi yang dimenangkannya, khususnya Coupe des Mousquetaires -- trofi tunggal putra Prancis Terbuka -- yang sangat ia kenal.

photo
Nadal menggigit Piala Coupe des Mousquetaires menyusul kemenangan di Prancis Terbuka. - (CNN.com)

Menjaganya tetap aman

Atlet pemenang di seluruh spektrum Olimpiade memang telah berusaha keras untuk menemukan tempat untuk medali mereka.

Tim GB Tom Daley, yang memenangkan kompetisi loncat indah 10m putra dengan rekannya Matty Lee pada hari Senin, sampai-sampai merajut kantong untuk menjaga medali emasnya tetap aman saat dia berada di Tokyo.

Daley, yang mulai merajut selama penguncian selama pandemi virus corona, memposting di Instagram bahwa ia telah membuat pemegangnya untuk "mencegahnya tergores."

Untuk pengendara sepeda Slovenia Primoz Roglic, yang memenangkan emas di time trial individu putra, dia mengakui medali itu sendiri mengejutkannya. "Sebenarnya itu hal yang cukup berat, tapi indah. Saya super bangga dan bahagia," katanya kepada media.

photo
Peraih medali emas Lasha Bekauri dari Georgia menggigit hadiahnya selama upacara medali untuk kontes -90kg judo putra. - (CNN.com)

Pada tahun 2008, pesepakbola Tim USA Christie Rampone mengatakan kepada Tampa Bay Times bahwa susunan medalinya disembunyikan di antara panci dan wajan di rumahnya karena dia yakin itu akan menjadi tempat terakhir yang mungkin dilihat seseorang.

Selama hari-hari awalnya di Olimpiade, legenda renang Michael Phelps menemukan beberapa metode inovatif untuk mengangkut medalinya.

Dalam wawancara "60 Menit" dengan Anderson Cooper pada 2012, Phelps mengatakan bahwa dia menyimpan delapan medali emasnya dari Olimpiade Beijing 2008 dalam tas rias keliling yang dibungkus dengan kaus oblong abu-abu.

Mengingat dia adalah atlet Olimpiade yang paling banyak mendapat penghargaan dengan total 28 medali, Phelps mungkin harus mengadopsi metode baru untuk menampungnya.

Namun, tidak semua atlet memegang kenang-kenangan Olimpiade mereka. Petinju superstar Wladimir Klitschko mengatakan kepada CNN bahwa dia menjual medali emas yang dia menangkan di Olimpiade Atlanta 1996 seharga $ 1 juta, dengan dana disumbangkan ke yayasan Klitschko Brothers - sebuah badan amal yang didirikan oleh dia dan saudaranya Vitali untuk membantu anak-anak miskin di rumah mereka di negara asal Ukraina.

"Kami peduli dengan pendidikan dan olahraga, itu adalah kunci dalam kehidupan setiap anak," kata Wladimir.

“Jika mereka memiliki pengetahuan, mereka dapat berhasil dengan itu dalam kehidupan dewasa mereka dan olahraga memberi mereka aturan – bagaimana menghormati lawan, bagaimana menghormati aturan.

"Dalam hidup selalu seperti itu, Anda turun tetapi Anda harus bangkit, dan olahraga memberi Anda pelajaran yang luar biasa ini."

Perenang AS Anthony Ervin melelang medali emas Olimpiade 2000 miliknya di eBay untuk membantu para penyintas tsunami Samudra Hindia 2004.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement