Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Falah habib nurrohman

Mengapa Mie Ayam Begitu Terkenal?

Kuliner | Sunday, 01 Aug 2021, 08:31 WIB
Mie Ayam, olahan berbahan dasar mie dan diberi potongan ayam suwir diatasnya. Bukan rahasia lagi kalau Mie Ayam merupakan olahan mie yang digemari masyarakat Indonesia

Mengapa Mie Ayam begitu terkenal ?, terutama di Indonesia. Memang bukan jadi rahasia lagi kalau Mie Ayam begitu digemari banyak kalangan, rasanya yang khas dan juga harganya yang terjangkau membuat makanan yang satu ini begitu populer. Hanya saja, banyak orang memiliki pendapat lain selain pendapat di atas. Apa saja itu, yok kita bahas satu - satu.

Pertama, mengapa Mie Ayam begitu populer ialah karena makanan ini merupakan penggabungan antara dua budaya yang berbeda. Mie merupakan makanan pokok Masyarakat Tionghoa ( selain tentunya nasi ), hal ini karena China mampu menanam gandum sebagai bahan pangan. Di abad ke 17 hingga awal abad ke 20, banyak imigran dari China datang ke Jawa ( terutama di Semarang ) untuk berdagang. Begitu imigran sampai ke Jawa, mereka mulai mengenalkan makanan mereka, salah satunya Mie.

Kedua, Mie yang biasa dikonsumsi masyarakat pendatang ( Tionghoa ) biasanya memakai Babi, lantas kenapa diganti ayam di Indonesia. Tentu kita bisa menjawab pertanyaan yang satu ini, ada pembeda yang luar biasa antara dua budaya ini ( Jawa dan Tionghoa ), salah satunya budaya Masyarakat Tionghoa yang biasa mengkonsumsi Babi, sedangkan Masyarakat Jawa tidak makan Babi karena pengaruh agama. Ahkirnya masyarakat lokal mengganti Babi menjadi Ayam. Karena adanya lokalisasi tersebut, maka Mie yang harusnya memakai Daging Babi dirubah, dan Diganti Daging Ayam.

Mie ayam biasanya akan dinikmati dengan saus, sambel, dan kecap. Selain itu juga bisa dinikmati dengan Bawang goreng, Daun Bawang, dll

Ketiga, banyaknya variasi Mie Ayam membuat makanan ini bisa dinikmati siapa saja, sering kali kita jumpai Mie Ayam dengan versi yang berbeda, perbedaan yang paling ketara adalah Mie Ayam manis dan Mie Ayam gurih ( asin ). Ada juga perbedaan yang cukup mencolok lainnya, sebagai contoh, kadang kita menemukan cara pengolahan ayam semur yang berbeda.

Perbedaan ini tidak langka, kita bisa temui perbedaan di banyak tempat, jangankan dua daerah yang berbeda, di daerah yang sama saja terkadang bisa kita jumpai perbedaan itu. Hal inilah yang membuat Mie Ayam bisa dinikmati banyak orang, rasanya yang variatif bisa memanjakan lidah banyak orang. Sehingga membuat masyarakat bisa memilih versi yang mereka suka.

Itulah tiga faktor yang menurut yang menjadi penyebab mengapa Mie Ayam begitu populer. Tentunya faktor mengenyangkan dan murah masih menjadi faktor utama.

Mie Ayam mungkin akan terus digemari banyak orang kedepannya, apalagi Mie Ayam adalah makanan yang tergolong comfort food sehingga cocok bagi banyak orang, semoga dengan ini kita semua makin tahu tentang sesuatu yang tidak kita ketahui sebelumnya makanan yang sering nikmati ini, apalagi kalau bukan Mie Ayam.

Stay safe dan jaga kesehatan

Falah Habib nurrohman

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image