Ahad 01 Aug 2021 21:45 WIB

Kekhasan Bayt al-Suhaymi, Rumah Bangsawan Abad Pertengahan

Bayt al-Suhaymi adalah model rumah dari gaya arsitektur Islam abad pertengahan.

Bagian Depan Bayt Al-Suhaymi
Foto: Wikipedia
Bagian Depan Bayt Al-Suhaymi

IHRAM.CO.ID, Bayt al-Suhaymi adalah model rumah dari gaya arsitektur Islam abad pertengahan. Kekhasannya berasal dari percampuran gaya arsitektur era Dinasti Fatimiyah hingga Usmaniyah.

Bayt al-Suhaymi yang menjadi situs cagar budaya nasional Mesir memiliki gaya arsitektur khas permukiman masyarakat Islam dari abad pertengahan. Bangunan ini kini dipelihara dan masih dipertahankan oleh Pemerintah Kairo sebagai cagar budaya nasional.

Baca Juga

Bayt al-Suhaymi dibangun pada 1648 oleh Abdul Wahab al-Tablawy. Bayt al-Suhaymi kemudian dibeli oleh sosok terkemuka dan bangsawan saat itu, Syekh Ahmed as-Suhaymi pada 1796 sebagai tempat tinggal keluarganya hingga beberapa generasi selanjutnya. As-Suhaymi kemudian memperluas rumah ini dengan menggabungkan beberapa bagian rumah lain dalam satu area.

photo
Ruang Tamu Bayt Al-Suhaymi - (wikipedia)

 

Dari as-Suhaymilah nama rumah ini diabadikan sebagai bangunan cagar budaya. Kompleks rumah ini berada di salah satu sudut al-Muizz Street (Sharia al-Muizz li-Deen Illah), kawasan jalan tertua di Kota Kairo. Bayt al-Suhaymi adalah bangunan pertama di sisi kiri Darb El Asafar, lorong sempit di kawasan yang dibangun era Fatimiyah. Di kawasan ini, Bayt al-Suhaymi berdiri bersama bangunan bersejarah lain, di antaranya, Bab al-Futuh, Masjid al-Hakim, Masjid al-Aqmar, Masjid al-Azhar, dan Kompleks Qalawun.

 

 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement