Selasa 03 Aug 2021 06:08 WIB

Cara Selebgram Athaya Tetap Kreatif di Tengah Pandemi

Menurut dia, video sederhana lebih disukai orang.

Sosial Media. Ilustrasi
Foto: Google
Sosial Media. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjaga kreativitas menjadi sebuah hal yang sangat diperlukan di era digital saat ini. Seperti yang dilakukan oleh selebgram Tanah Air, Athaya Ghina. Ia berhasil menyulap hal sederhana ke video pendek. Ini membuat dia akhirnya berhasil mendapatkan lebih dari 100 ribu pengikut dalam kurun waktu kurang dari satu bulan di platform TikTok.

photo
Pegiat sosial media Tanah Air Athaya Ghina. - (Dok. IG Athaya)

Sebelum menyandang predikat sebagai salah satu TikTokers sukses di Indonesia, Atha sebelumnya justru memulai kecintaan terhadap media dan konten kreator sejak di bangku SMA. 

Gadis kelahiran tahun 1997 ini sudah mulai sering menulis ulasan dan kesehariannya di blog, dan sukses membuat tulisannya viral berkat kejujuran tentang program kuliah berbasis daring yang dia jalani di bangku kuliah.

Dengan keampuan menulisnya, Atha akhirnya ditawari mengisi salah satu artikel rubrik Fashion, sebagai Fashion Stylist di salah satu majalah remaja ternama, Gadis. Atha juga pernah menjadi model untuk salah satu rubrik Fashion di majalah tersebut. Tulisan tulisan yang ia buat pun banyak yang coba ia tuangkan dalam kedalam bentuk video sederhana namun penuh info, seperti travel, ulasan, gawai, otomotif hingga keseharian Atha yang ditunjukan lewat Youtube Channel pribadinya, Athaya Ghina. 

Sedangkan di platform Tiktok, Atha sering buat konten yang ambigu, tak jarang membuat warganet adu pendapat di kolom komentar dan membuat video nya viral. Selain itu, di video-nya Atha juga sering membagikan tips dan pendapat pribadinya tentang relationship, yang berhubunhan dengan keadaan, hingga video-nya pun sempat viral dan ditonton lebih dari tujuh juta penonton.

Tentunya tuntutan untuk terus membuat konten di masa pandemi ini menjadi tantangan tersendiri baginya.

“Walaupun sulit, tapi dengan prinsip saya bahwa harus menghasilkan sesuatu setiap hari, berakhirlah menjadi video sederhana di setiap sudut rumah, dari masak di dapur, pakai efek yang lagi viral, ulasan di teras rumah, dan video reaksi yang backgroundnya hanya tembok polos, dan jika ada kesempatan keluar, aku juga sempatkan untuk membuat konten di mana saja dan kapan saja,” ujar Atha di Jakarta, Senin (2/8).

Kini, akun TikTok @athayags26 sudah memiliki lebih dari 600 ribu pengikut, ia sukses sebagai TikTokers dan sering berkolaborasi dengan Youtuber seperti Bram Darmawan, Itopcupaw, ReccaTV, HSR Wheel. Wajah Atha pun semakin dikenal karena sering terpampang di landing page salah satu aplikasi e-commerce besar di Indonesia, ia juga kerap mendampingi Imam Darto sebagai host dalam program live e-commerce ternama tersebut.

Meski demikian, siapa sangka kesuksesan Atha tidak semulus apa yang dilihat, pastinya banyak juga dari orang terdekat Atha yang tidak suka dengan gayanya di video, Atha mengaku sempat stress dengan kendala ini. Bahkan Atha kerap sering mendapat respon negatif dari warganet yang menyerangnya tanpa alasan.

"Aku ingat beberapa kali ada yang hate speech gitu ke aku tiba-tiba nggak jelas, terus kirim foto tidak baik, bahkan dituduh ini-itulah. Orang yang tak kenal tapi merasa paling tahu banyak hal. Tapi aku tak mau memikirkannya, karena aku setuju dengan kutipan; fokuslah sama orang yang mencintai kita, pakailah kacamata kuda. Contoh jika keliatan ada hate speech, ya langsung hapus saja tanpa lihat. Hasilnya lebih tenang dan produktif," kata dia menegaskan.

Ia pun memberikan tips bagi teman-teman yang ingin seperti dirinya, menurutnya, cukup memulai dari hal yang sederhana pun bisa menjadi konten yang menarik, asalkan konsisten dalam mengunggah, dan pastikan memiliki pencahayaan yang cukup. “Yang paling penting jadilah diri sendiri, itu akan menarik karena setiap orang punya signature, yang menjadikan video sederhanamu disukai orang,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement