Keraguan Anak Muda Ragukan Nabi Ibrahim Soal Ka'bah

Selasa , 03 Aug 2021, 14:47 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
Maqam Ibrahim di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.
Maqam Ibrahim di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Surah Ali-Imran ayat 96 menceritakan bahwa Ka'bah rumah ibadah pertama ini dibangun Nabi Ibrahim as. Tentang hal ini ada seorang pemuda bertanya apakah benar Nabi Ibrahim yang membangun Ka'bah?

 

Terkait

Tentang pertanyaan seorang anak muda ini dikutip dalam tafsir Ibnu Katsir. Dalam tafsirnya, Ibnu Katsir mengambil pendapat Ibnu Abu Hatim mengatakan pula) dan telah menceritakan kepada kami ayahku, telah menceritakan kepada kami Al-Hasan ibnur Rabi', telah menceritakan kepada kami Abul Ahwas, dari Sammak, dari Khalid ibnu Ur'urah yang menceritakan:

Baca Juga

"Bahwa ada seorang lelaki berdiri, lalu menuju kepada sahabat Ali Radhiyallahu Anhu dan bertanya," katanya.

Seperti apa anak muda itu becerita? 

"Sudikah engkau menceritakan kepadaku tentang Baitullah, apakah ia merupakan rumah yang mula-mula dibangun di bumi ini?" 

Sahabat Ali menjawab, "Tidak, tetapi Baitullah merupakan rumah yang mula-mula dibangun mengandung berkah, yaitu maqam Ibrahim; dan barang siapa memasukinya, menjadi amanlah dia."

Kemudian Ibnu Abu Hatim menuturkan atsar ini hingga selesai, yaitu menyangkut perihal pembangunan Baitullah yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim. Kami mengetengahkan asar ini secara rinci di dalam permulaan tafsir surat Al-Baqarah, hingga tidak perlu diulangi lagi dalam bab ini.

As-Saddi menduga bahwa Baitullah merupakan rumah yang mula-mula dibangun di bumi ini secara mutlak. Akan tetapi, pendapat Ali Radhiyallahu Anhu-lah yang benar.

Adapun mengenai hadis yang diriwayatkan oleh Imam Baihaqi di dalam kitabnya yang berjudul Dalailun Nubuwwah mengenai pembangunan Ka'bah yang ia ketengahkan melalui jalur Ibnu Luhai'ah, dari Yazid ibnu Habib, dari Abul Khair, dari Abdullah ibnu Amr ibnul As secara marfu’ yaitu: Allah mengutus Jibril kepada Adam dan Hawa, membawa perintah kepada keduanya agar keduanya membangun Ka'bah.

Maka Adam membangunnya, kemudian Allah memerintahkan kepadanya untuk melakukan tawaf di sekeliling Ka'bah. Dikatakan kepadanya, "Engkau adalah manusia pertama (yang beribadah di Baitullah), dan ini merupakan Baitullah yang mula-mula dibangun untuk tempat beribadah manusia."

Maka sesungguhnya hadis ini merupakan salah satu dari mufradat (hadis yang hanya diriwayatkan oleh satu orang) Ibnu Luhai'ah, sedangkan Ibnu Luhai'ah orangnya dinilai daif. Hal yang mirip kepada kebenaran hanya Allah Yang Maha Mengetahui bila hadis ini dikatakan mauquf hanya sampai kepada Abdullah ibnu Amr. 

"Dengan demikian, berarti kisah ini termasuk ke dalam kategori kedua hadis daif lainnya yang keduanya diperoleh oleh Abdullah ibnu Amr pada saat Perang Yarmuk, yaitu diambil dari kisah Ahli Kitab," katanya.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini