Selasa 03 Aug 2021 15:32 WIB

Olimpiade Tokyo: Sprinter Belarusia Minta Suaka ke Polandia

Polandia memberikan visa kemanusiaan kepada sprinter Olimpiade Belarusia

Sprinter Belarusia Krystsina Tsimanouskaya memasuki taman Polandia di Tokyo, Jepang, pada 2 Agustus.
Foto: CNN.com
Sprinter Belarusia Krystsina Tsimanouskaya memasuki taman Polandia di Tokyo, Jepang, pada 2 Agustus.

IHRAM.CO.ID --  Pelari cepat Belarusia Kristina Timanovskaya menerima visa kemanusiaan dari Polandia pada hari Senin. Ini terfjadi beberapa jam setelah dia menolak untuk naik penerbangan keluar dari Jepang dengan mengatakan dia dipaksa untuk kembali ke negara asalnya di luar keinginannya dan bahwa dia takut ditangkap.

Wakil Menteri Luar Negeri Polandia, Marcin Przydacz, mengumumkan di Twitter bahwa Timanovskaya telah diberikan visa. "Polandia akan melakukan apa pun yang diperlukan untuk membantunya melanjutkan karir olahraganya. (Polandia) selalu menjunjung tinggi solidaritas," tulisnya.

Dia kemudian mengatakan kepada Reuters bahwa atlet Olimpiade berusia 24 tahun itu berencana melakukan perjalanan ke Polandia pada hari-hari berikutnya. "Menurut keputusannya, itulah yang didengar konsul kami di Tokyo, dia berencana untuk datang ke Polandia dalam beberapa hari untuk datang ke sini di Warsawa. Dan jika dia mau, dia bebas untuk mengejar karir olahraganya di Polandia," kata Przydacz.

Sebelumnya Senin, Reuters melaporkan bahwa Timanovskaya terlihat memasuki kedutaan Polandia.

 

Timanovskaya akan bertanding di nomor 200 meter putri di Olimpiade Tokyo pada Senin, tetapi mengatakan perwakilan dari tim nasional Belarusia mencoba untuk secara paksa mengirimnya kembali ke negara asalnya setelah dia mengkritik otoritas olahraga nasional karena memasukkannya ke dalam estafet 4x400 meter tanpa dirinya. izin.

Ofisial tim datang ke Desa Olimpiade pada Minggu sore dan memintanya untuk "mengemas barang-barangnya karena keputusan telah dibuat baginya untuk kembali ke Minsk," kata Anatol Kotau, dari Yayasan Solidaritas Olahraga Belarusia, yang mewakili atlet yang ditindas oleh otoritas Belarusia dan yang berhubungan langsung dengan Timanovskaya.

Kedutaan Besar Belarus di Tokyo mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin bahwa diplomat Belarusia tiba di bandara pada hari Minggu untuk "mengklarifikasi keadaan" dan memberikan "kemungkinan bantuan konsuler dan hukum jika perlu," tetapi tidak dapat memperoleh informasi apa pun tentang Timanovskaya dari perwakilan Jepang.  Pernyataan itu menambahkan bahwa atlet tersebut belum melakukan kontak dengan kedutaan.

Pada hari Selasa, Komite Olimpiade Internasional mengatakan akan meluncurkan penyelidikan formal ke dalam situasi Timanovskaya.

"Kami telah memutuskan untuk meluncurkan, tidak mengherankan, penyelidikan formal yang akan dipimpin oleh Administrasi IOC. Kami perlu menetapkan fakta lengkap, kami perlu mendengar semua orang yang terlibat, yang jelas dapat memakan waktu," kata juru bicara IOC Mark Adams dalam sebuah konferensi pers.

Organisasi nirlaba Global Athlete meminta IOC untuk segera menangguhkan Komite Olimpiade Nasional Belarus dan mengizinkan semua atlet Belarusia untuk bersaing sebagai atlet netral di bawah bendera Olimpiade.

Timanovskaya dijadwalkan berangkat pada pukul 10:50 malam. penerbangan ke Istanbul pada hari Minggu. "Tetapi setelah tiba di bandara, Timanovskaya mendekati seorang perwira polisi Jepang dan meminta untuk mengajukan suaka politik," kata Kotau

"Saya khawatir saya akan dipenjara di Belarus," kata Timanovskaya dalam wawancara dengan situs berita olahraga Belarusia Tribuna, Minggu. "Saya tidak takut dipecat atau dikeluarkan dari tim nasional. Saya khawatir tentang keselamatan saya. Dan saya pikir saat ini tidak aman bagi saya di Belarus. Saya tidak melakukan apa-apa, tetapi mereka merampas saya berhak untuk berpartisipasi dalam lomba 200 meter dan ingin mengirim saya pulang."

"Suami Timanovskaya, Arseni Zdanevich, telah meninggalkan Belarusia dan memasuki Ukraina, kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri Ukrania Artem Shevchenko kepada CNN, Senin.  

sumber : CNN.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement