Selasa 03 Aug 2021 16:52 WIB

Polres Pamekasan Gandeng NU Gelar Vaksinasi Massal

NU memiliki peran penting dan strategis untuk vaksinasi

Vaksinasi PBNU
Foto: Dok Istimewa
Vaksinasi PBNU

IHRAM.CO.ID, PAMEKASAN -- Polres menggandeng Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Pamekasan, Jawa Timur, menggelar vaksinasi massal sebagai upaya mewujudkan kekebalan kelompok guna mencegah penyebaran Covid-19.

"Kerja sama dengan NU ini kami lakukan, karena NU merupakan salah satu organisasi Islam yang memiliki banyak anggota, sehingga dengan upaya seperti ini diharapkan akan banyak warga yang bersedia divaksinasi," kata Kapolres AKBP Apip Ginanjar, saat memantau pelaksanaan vaksinasi di kantor PCNU di Pamekasan, Selasa (3/8).

Gerakan vaksinasi yang melibatkan ormas Islam ini, kata dia, merupakan salah satu upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19, di samping melalui penegakan disiplin protokol kesehatan. Menurut kapolres, ormas Islam, seperti NU, memiliki peran penting dan strategis, mengingat akhir-akhir ini banyak informasi yang beredar dan menyebutkan bahwa vaksin itu berbahaya.

Padahal, kata dia, vaksin yang disuntikkan kepada warga itu merupakan salah satu upaya pemerintah yang dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

"Di samping aman dan berdampak positif bagi kesehatan, melalui kerja sama ini, kami juga ingin menegaskan bahwa vaksin ini suci dan halal," katanya.

Sebagaimana vaksinasi Covid-19 yang dilakukan sebelumnya, vaksinasi kali ini juga sesuai dengan standar operasional protokol (SOP) tentang prosedur pelaksanaan vaksinasi, antara lain melalui pemeriksanaan tensi darah dan skrining kesehatan serta penyuluhan oleh petugas dan tata laksana tentang ketentuan pemberian vaksin.

Kapolres Apip Ginanjar dalam kesempatan itu juga menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi itu sebagai upaya, dan oleh karenanya, prosedur penegakan disiplin protokol kesehatan tetap harus dilakukan sebagai bentuk antisipasi.

"Tidak berarti yang telah divaksin bebas dari Covid-19, dan oleh karena itu, mari kita tetap menjaga disiplin dalam pelaksanaan protokol kesehatan," ajak kapolres.

Ketua Pengurus Cabang NU Pamekasan KH Taufik Hasyim mengaku senang, institusi polres mengandeng NU sebagai mitra, karena misi organisasi ini sebenarnya bukan hanya pendidikan keagamaan, akan tetapi juga pada bidang sosial dan kemanusiaan.

"Semoga melalui ikhtiar ini, Covid-19 bisa segera teratasi dan kita bisa segera bebas dari pandemi ini," katanya.

Kerja sama antara Polres dengan ormas NU dalam upaya menekan penyebaran Covid-19 melalui penyuntikan vaksin ini bukan hanya di satu tempat tertentu.Selajutnya, kedua institusi ini akan menggelar vaksinasi secara dari rumah ke rumah, sehingga sebaran warga Pamekasan yang divaksin lebih luas, sesuai dengan target minimal yang ditetapkan Pemkab Pamekasan, yakni 70 persen dari total jumlah penduduk di daerah itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement