Selasa 03 Aug 2021 17:58 WIB

BI Riau Kumpulkan Wakaf Rp212,86 Miliar

Gerakan Riau Berwakaf ini masih terus berlanjut

Ilustrasi Wakaf Uang
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi Wakaf Uang

IHRAM.CO.ID, PEKANBARU -- Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Riau, Decymus mengatakan total wakaf hingga per 30 Juli 2021 yang sudah terkumpul dan tercatat di Bank Indonesia dari Gerakan Riau Berwakaf 2021 mencapai Rp212,86 miliar.

"Alhamdulillah hingga per 30 Juli 2021, total wakaf yang sudah terkumpul sebanyak Rp212,86 miliar lebih dan Insya Allah akan terus bertambah karena Gerakan Riau Berwakaf ini masih terus berlanjut," kata Decymus dalam kegiatan Gerakan Riau Berwakaf, digelar seecara virtual, di Pekanbaru, Selasa (3/8).

Dia mengatakan, wakaf terhimpun sebesar Rp212,86 miliar itu terkumpul dari 4.487 wakif dengan rincian yang berasal dari dana wakaf sebanyak Rp7,7 miliar dan komitmen wakaf senilai Rp205 miliar. Dari 4.487 wakif ini, kata Decymus menyebutkan, 3.755 wakif di antaranya merupakan pewakaf baru yang berasal dari kalangan generasi milenial.

"Per 30 Juli 2021, tercatat ada 3.755 pewakaf baru dari kalangan anak-anak milenial dengan total wakaf dari mereka yang terkumpul mencapai Rp100,6 juta atau rata-rata mewakafkan Rp20.000 hingga Rp30.000 per orang," jelasnya.

Selain menyampaikan terima kasih kepada sejumlah pihak terkait, Decymus mengatakan, Gerakan Riau Berwakaf ini diawali BI berkoordinasi dengan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Wali Kota Pekanbaru Firdaus, OJK, MUI, Kemenag, MES, PWNU, PW Muhammadiyah, Lembaga Ziswaf, perbankan dan lainnya untuk bersama-sama mendorong gerakan wakaf di Riau.

Selain itu, BI Riau juga bersilaturahmi dengan calon wakif potensial secara dari pintu ke pintu dan melakukan inventarisasi komitmen wakaf tersebut.

"Selanjutnya kita susun katalog proyek Riau Berwakaf 2021 yang berisi proyek wakaf unggulan dan wakaf reguler dari 7 lembaga Ziswaf, seperti BWI, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Yayasan Wakaf Alfikri, Universal Wakaf, Swadaya Ummah, Lazis Baitul Quran Riau," katanya.

Selain itu, BI Riau juga juga sudah berkomunikasi dengan OJK untuk memasukkan Bank Wakaf Mikro dalam katalog tersebut sesuai amanah Gubernur Riau. Sedangkan proyek unggulan dalam katalog tersebut terdiri atas tiga kategori yaitu sosial, pendidikan, keagaaman dan proyek reguler milik lembaga ziswab.

BI Riau juga menyasar para wakif calon potensial dari kalangan milenial dengan menggerakkan para mashasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia atau biasa disebut GenBI sebagai Duta Riau Berwakaf 2021.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement