Keutamaan Sedekah Subuh, ini Sabda Rasulullah SAW

Selasa , 03 Aug 2021, 20:16 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Sedekah/Ilustrasi
Sedekah/Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, Begitu banyak fadhillah (keutamaan) sedekah yang tertuang dalam Al-Qur’an maupun hadits. Namun ada satu sedekah yang istimewa di mata Allah dan para malaikat-Nya, yakni sedekah Subuh.

 

Terkait

Ya, sesuai namanya sedekah Subuh dilakukan pada waktu Subuh. Sedekah di waktu ini memiliki keistimewaan bagi siapapun yang melaksanakannya. Di antara keistimewaan tersebut adalah didoakan oleh para malaikat.

Baca Juga

Dari Abu Hurairah RA, berkata bahwa Nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam bersabda: “Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua Malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga).” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).” (HR Bukhari dan Muslim).

Maka, begitu beruntung orang yang menggunakan waktu pagi (Subuh) untuk bersedekah. Sebab ada dua malaikat yang turun dan mendoakan kebaikan untuknya. Mengingat, salah satu doa yang tak pernah Allah tolak adalah doa dari para malaikat.

Sumber: Dewan Syariah Daarul Qur’an KH. Ahmad Kosasih

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini