Menyempurnakan Ibadah Umroh

Selasa , 03 Aug 2021, 23:29 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
Menyempurnakan Ibadah Umroh
Menyempurnakan Ibadah Umroh

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Ibadah umroh berberbeda dengan ibadah haji. Meski demikian ibadah umrah maupun haji sama harus disempurnakan sesuai firman Allah SWT dalam surah Al-Baqarah ayat 196 yang artinya.

 

Terkait

"Sempurnakan haji dan umroh karena Allah..."

Baca Juga

Prof. DR. H. Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA) menjelaskan tentang umrah. Menurut dapat seluruh ulama Islam bahwa umroh bukan rukun Islam sebagaimana ibadah haji.  Menurutnya ada ulama berbeda pendapat, apakah dia hanya suatu amalan sunnat (mandub) ataukah wajib, meskipun bukan Rukun Islam.

"Setengah ulama mengatakan bahwa dia adalah wajib. Setengahnya lagi menga-takan dia sunnat. Tetapi apabila mulai dikerjakan, hendaklah disempurnakan," tulianya dalam karyanya Tafsir Al-Azhar.

Menurut Buya Hamka, barang siapa yang telah memulai umroh, padahal tidak disempurnakannya, berdosalah dia. Samalah halnya dengan sunnatnya shalat-shalat nawafil, yang selain lima waktu.

"Apabila telah dimulai, wajiblah dikerjakan dengan sempurna, tidak boleh dihentikan di tengah-tengah, mentang-mentang hanya sunnat. Hal-hal ini kita persilahkan dipelajari khusus," katanya.

Karena seluruh ulama Besar Fiqh ikutan kita, Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafi'i dan Imam Ahmad sama pendapat bahwa haji dan umrah wajib disempurnakan, tetapi selain dari wukuf di Arafah, yang mereka semuanya sepakat mengatakan dialah Rukun Haji puncak haji.

"Maka tentang yang lain-lain ada beberapa perbedaan pendapat beliau-beliau," katanya.

Buya Hamka mengatakan, ada satu manasik yang oleh Imam Malik dikatakan wajib, oleh Syafi'idikatakan rukun, oleh Hanbali dikatakan sunnat. Tetapi kita lihat walaupun orang yang mengerjakan haji di Makkah itu datang berduyun dari keempat mazhab Sunni, orang Syi'ah dan Khawarij, namun tidak ada perbedaan yang mencolok.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini