Masjid Al-Fattah Al-Alim Dicetak di Uang Kertas Mesir

Selasa , 03 Aug 2021, 21:48 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Agung Sasongko
Mata uang pound Mesir
Mata uang pound Mesir

IHRAM.CO.ID,  KAIRO -- Masjid Al-Fattah Al-Alim dikabarkan akan dicetak di uang kertas senilai 10 pound Mesir, berbahan dasar polimer. Masjid yang berada di Kairo menggambarkan gaya arsitektur Islam yang khas.

 

Terkait

Mata uang Mesir baru tersebut akan diterbitkan pada November 2021. Uang baru ini memiliki desain yang mengikuti standar internasional terbaru untuk pencetakan mata uang.

Baca Juga

Dilansir di All Africa, Selasa (3/8), Masjid Al-Fattah Al-Alim terletak di pintu masuk Ibu Kota Administrasi Baru di Jalan Lingkar Tengah. Bangunan ibadah ini resmi diresmikan pada 6 Januari 2019.

Masjid ini dibangun di atas lahan seluas sekitar 250.000 meter persegi. Panjangnya sekitar 500 meter dengan lebar 500 meter.

photo

Masjid Al-Fattah Al-Alim di Kairo, Mesir. - (Ahram.org)

Bangunan tersebut terdiri dari basement di atas lahan seluas 6320 meter, serta lantai dasar yang meliputi pelataran masjid di atas lahan seluas 6325 meter. Keseluruhan masjid dapat menampung sekitar 17.000 jamaah.

Masjid ini memiliki kubah utama dengan tinggi 44 meter dan diameter sekitar 33 meter. Keberadaannya dianggap sebagai kubah terbesar di Timur Tengah.

photo

Mata uang pound Mesir - (REUTERS)

Tak hanya itu, empat kubah utama lainnya ditambahkan di sudut-sudut masjid, yang masing-masing tingginya 29 meter. 16 kubah lain berada di atas masjid sehingga jumlah kubah di masjid menjadi 21.

Enam pintu masuk utama disediakan sebagai jalur masuk jamaah. Dua pintu masuk samping menuju ruangan khusus wanita di lantai pertama, ruangan mezzanine.

Tak hanya itu, di masjid ini terdapat jalan setapak sepanjang 408 meter dan lebar 28 meter untuk melakukan pemakaman resmi. Jalan setapak dikelilingi oleh bangunan-bangunan raksasa dari semua sisi.

Selain yang disebutkan di atas, bangunan ini juga mencakup dua gedung yang terdiri dari tujuh ruang acara dengan kapasitas 2440 orang.  

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini