Kota Surosowan, Cikal Bakal Peradaban Islam di Banten

Selasa , 03 Aug 2021, 23:00 WIB Reporter :Fuji Eka Permana/ Redaktur : Agung Sasongko
Reruntuhan Keraton Surosowan
Reruntuhan Keraton Surosowan

IHRAM.CO.ID, Kota Surosowan yang dikenal sebagai Banten Lama ini merupakan cikal bakal peradaban Islam di Banten. Wilayah Surosowan berada di Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Provinsi Banten.

 

Terkait

Pada masa Islam menyebar dan berkembang di Banten, Kadipaten Banten yang ditopang Kota Surosowan semakin maju sehingga Banten dijadikan kerajaan/kesultanan pada 1552 Masehi. Sultan Maulana adalah raja pertamanya.

Baca Juga

photo

Sejumlah wisatawan berkunjung ke kompleks Masjid Agung Kesultanan Banten di Kasemen, Serang, Banten, Sabtu (31/10/2020). Sejumlah objek wisata di pesisir utara dan barat Banten ramai dikunjungi wisatawan domestik dari berbagai daerah yang memanfaatkan masa cuti bersama dan libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW. - (ANTARA/Asep Fathulrahman)

Masjid Agung Banten yang dibangun pada 1556 Masehi berdiri tegak. Di sebelah timur masjid terdapat bekas reruntuhan Keraton Surosowan tempat tinggal keluarga sultan.

Di sebelah utara keraton, tidak jauh dari Masjid Agung Banten terdapat Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama. Di antara masjid, keraton, dan museum terdapat alun-alun yang kini dijejali ratusan pedagang kaki lima (PKL). Wisatawan dipastikan tidak akan kesulitan mencari makanan dan oleholeh di sana.

Saat memasuki halaman Masjid Agung Banten, wisatawan akan disuguhi pemandangan bangunan masjid abad ke-16. Memang arsitektur Masjid Agung Banten sama dengan masjid lain yang ada di Jawa pada zamannya.

Namun, Sultan Maulana membangun masjid dengan menyisipkan simbolsimbol Islam pada setiap unsur bangunannya.