Muslimah AS Ciptakan Aplikasi Hubungkan Seniman Muslim

Kamis , 05 Aug 2021, 16:55 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Esthi Maharani
Safiyyah Baldwin menciptakan aplikasi untuk seniman muslim Amerika
Safiyyah Baldwin menciptakan aplikasi untuk seniman muslim Amerika

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Seorang wanita Muslim di Amerika Serikat (AS) menciptakan sebuah aplikasi baru untuk membantu Muslim menemukan lingkungan yang tepat untuk berkreativitas. Aplikasi itu diharapkan akan menghubungkan para seniman dan kreatif Muslim melalui berbagai acara dan pekerjaan.

 

Terkait

Jalan menuju terciptanya aplikasi ini dimulai ketika Safiyyah Baldwin, seorang kulit hitam Amerika dari Charlotte, North Carolina, memutuskan untuk mendapatkan gelar master dalam penulisan skenario. Ia mengaku suka menulis. Namun meski mereka memiliki gelar itu, kata dia, lingkungan dan pengayomannya tidak ada di sana.

"Anda ingin berada di tempat yang Tuhan inginkan, dan Anda tahu kapan Anda tidak berada di lingkungan yang tepat," kata Baldwin, seperti dilaporkan Spectrum Local News, dilansir di laman About Islam, Kamis (5/8).

Karena merasa tidak nyaman, Baldwin memutuskan untuk meninggalkan sekolahnya. Beberapa tahun kemudian, dia bergabung dengan kamp pelatihan pembuatan aplikasi. Hingga akhirnya, dia secara resmi meluncurkan aplikasi bernama Freelance Fisabilillah pada Juni 2021.

"Saya seperti, 'Oke, saya perlu menciptakan sesuatu yang akan menciptakan lingkungan itu untuk orang lain yang juga Muslim, yang juga seniman dan juga kreatif," kata Baldwin.

Ia mengatakan, aplikasi ini dirancang untuk membantu menghubungkan seniman dan kreatif Muslim sehingga mereka dapat berkolaborasi dalam berbagai proyek. Ia menyebut hal inilah yang ia butuhkan dan ia juga menilai orang lain pun membutuhkannya.

"Mari kita jawab ini untuk semua insya Allah dan menciptakan komunitas," ujarnya.

Selanjutnya, Baldwin mengungkapkan ia berencana untuk menulis buku anak-anak dan ingin menggunakan aplikasinya untuk menemukan orang yang dapat membantunya. Dia berharap ini bisa menjadi alat yang hebat yang dapat membantu menghubungkan orang lain seperti dia.

Aplikasi ini bukan terobosan pertama bagi umat Muslim. Awal tahun ini, aplikasi virtual baru bernama ImamConnect diperkenalkan untuk memberikan pelatihan spiritual, konseling, khutbah, dan fatwa kepada umat Islam.

 

Aplikasi lain, FajrUp, juga otomatis mengatur waktu sholat Subuh dengan menggunakan GPS. Aplikasi ini adalah aplikasi pintar di mana umat Islam di seluruh dunia dapat terhubung setelah menginstal aplikasi tersebut.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini