Peristiwa-peristiwa yang Terjadi pada Muharram

Kamis , 05 Aug 2021, 17:33 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Esthi Maharani
Tahun baru Islam
Tahun baru Islam

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Muharram menjadi salah satu bulan yang istimewa bagi umat Islam. Bukan saja sekedar sebagai awal bulan dalam kalender Hijriah, pada bulan Muharram ada sederet peristiwa luar biasa yang terjadi pada para nabi dan rasul. Apa saja?

 

Terkait

Pada bulan Muharram nabi Adam bertaubat kepada Allah SWT setelah diturunkan ke bumi bersama Hawa. Di bulan ini juga Nabi Nuh bersama orang beriman yang berada di bahteranya selamat dari banjir dahsyat dan berlabuh di bukit Zuhdi.

Peristiwa Nabi Ibrahim yang selamat dari siksaan Raja Namrud pun terjadi pada Muharram. Dengan kekuasaan Allah, api yang dinyalakan Namrud tidak dapat membakar tubuh nabi Ibrahim.

Selain itu ada juga peristiwa nabi Yunus yang selamat setelah berada di dalam perut ikan paus raksasa. Pada Muharram nabi Ayub juga mendapatkan kesembuhan dari setiap penyakit yang dideritanya.

Peristiwa nabi Musa dan bani Israil yang lolos dari kejaran Firaun juga terjadi pada Muharam. Kala itu Firaun dan pasukannya binasa di Laut Merah.

Ketika masa kerasulan nabi Muhammad SAW, ada sejumlah peristiwa penting yang juga terjadi pada Muharam. Diantaranya adalah adanya tekad untuk hijrah ke Madinah pada 1 Hijriah, terjadinya perang Khaibar pada 7 Muharram yang dimenangkan kaum Muslim, selain itu pada bulan ini cucu Rasulullah yakni Husain wafat dibunuh di Karbala.

sumber : Sumber data Republika
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini