Pura Mangkunegaraan Tiadakan Kirab Pusaka Malam 1 Sura

Kamis , 05 Aug 2021, 21:04 WIB Redaktur : Esthi Maharani
Pendopo Ageng Pura Mangkunegaran di Solo, Jawa Tengah.
Pendopo Ageng Pura Mangkunegaran di Solo, Jawa Tengah.

IHRAM.CO.ID, SOLO -- Pihak Istana Pura Mangkunegaran Surakarta, Jawa Tengah pada 2021 meniadakan upacara tradisi kirab pusaka yang biasa dilaksanakan untuk menyambut malam 1 Sura (kalender Jawa) yang jatuh pada Senin (9/8) malam karena masih pandemi Covid-19.

 

Terkait

"Seperti pada tahun sebelumnya (Meniadakan upacara tradisi kirab pusaka) karena situasi masih pandemi Covid-19," kata Juru bicara Pura Mangkunegaran Surakarta, Joko Pramudya, di Solo, Kamis (5/8).

Ia menjelaskan alasan meniadakan kirab itu karena pemerintah masih menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 untuk mencegah penularan Covid-19. Selain itu, pihaknya sedang merenovasi beberapa titik di kawasan Pura Mangkunegeran sebagai program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Namun, kata dia, beberapa kegiatan lainnya dalam memperingati malam 1 Sura atau Senin (9/8) malam, seperti jamasan pusaka dan wilujengan masih diadakan secara internal dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Dia mengatakan beberapa bangunan yang dipugar, antara lain penataan bangunan Prangwedangan, Ndalem Ageng, dan Pringgitan.

Kegiatan dilakukan Kementerian PUPR.Pihak Istana Pura Mangnegaran pada pandemi hingga saat ini, juga menutup kunjungan wisata. Namun, untuk layanan perpustakaan masih bisa diakses dengan terlebih dahulu melakukan reservasi. Pihaknya juga membatasi pengujung perpustakaan, yakni tidak boleh lebih dari lima orang.

Pembatasan waktu kunjungan di perpustakaan, pukul 09.00-12.00 WIB. Pihaknya masih membuka layanan perpustakaan tersebut secara terbatas untuk memfasilitasi mahasiswa yang sedang menempuh tugas akhir kuliahnya.

"Kami membantu mahasiswa yang mungkin sedang menyelesaikan tugas akhir, karena akan kesulitan mencari referensi atau data. Namun, jika akan datang ke perpustakaan harus reservasi dahulu, supaya bisa diatur jamnya," katanya.

Dia mengatakan karena gedung Rekso Pustaka Pura Mangkunegaran sedang direnovasi, maka sementara waktu perpustakaan dipindahkan ke ruangandi selatan gerbang timur.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini