Keterlibatan Perempuan dalam Masjid di AS Meningkat

Jumat , 06 Aug 2021, 05:22 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Agung Sasongko
Muslimah Amerika Serikat (ilustrasi)
Muslimah Amerika Serikat (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Keterlibatan perempuan dalam kehidupan masjid di Amerika Serikat terus mengalami peningkatan. Hal ini didasarkan pada survei rumah ibadah AS yang disampaikan baru-baru ini. Keterlibatan tersebut bahkan peningkatannya mencapai lebih dari seperempat dari semua peserta sholat Jumat dalam rentang 2011-2020.

 

Terkait

Studi tersebut dilakukan oleh Ihsan Bagby, seorang profesor studi Islam, sebagai bagian dari studi Komunitas Iman Hari Ini (FACT) 2020. Dalam studi itu, disampaikan bahwa perempuan mewakili lebih dari seperempat peserta di hanya 14 persen dari masjid AS pada 2011.

Baca Juga

Kemudian keterwakilan tersebut meningkat menjadi 21 persen pada 2020. Meski ada peningkatan, laki-laki terus menjadi bagian terbesar dari kehidupan masjid di AS, terutama pada sholat Jumat di sebagian besar masjid AS.

Laki-laki merupakan mayoritas jamaah sholat Jumat di 94 persen masjid, dan tidak ada masjid di mana laki-laki membentuk kurang dari tiga dari 10 peserta sholat Jumat. Survei tersebut juga menemukan bahwa ketika 44 persen masjid tidak memiliki anak pada sholat Jumat yang biasanya terjadi pada hari sekolah, 55 persen anak hadir di masjid.