Jumat 06 Aug 2021 15:08 WIB

Empat Bulan yang Dimuliakan Allah Selain Ramadhan

Salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT adalah bulan Muharram.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Esthi Maharani
Tahun baru Islam
Foto: moroccomuslimnews
Tahun baru Islam

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Muhammad SAW pernah bersabda ada empat bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT adalah bulan Muharram.

Sebentar lagi umat Islam akan menyambut tahun baru Islam yang jatuh pada 1 Muharram 1443 Hijriyah, bertepatan dengan 10 Agustus 2021. Tentu di bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT, selayaknya umat Islam yang beriman harus lebih semangat dan rajin melaksanakan ibadah dan amalan yang baik.

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الْوَهَّابِ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ عَنْ أَيُّوبَ عَنْ مُحَمَّدٍ عَنْ ابْنِ أَبِي بَكْرَةَ عَنْ أَبِي بَكْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ الزَّمَانَ قَدْ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ اللَّهُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ثَلَاثٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِي بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Sesungguhnya waktu telah berputar sebagaimana mestinya, hal itu ditetapkan pada hari Allah menciptakan langit dan bumi. Dalam setahun ada 12 bulan, di antaranya ada empat bulan yang mulia. Tiga darinya berturut-turut, yaitu Dzulqadah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab yang biasa diagungkan Bani Mudlar yaitu antara Jumadil tsani dan Syaban. (HR Bukhari)

Dalam pandangan Ustaz Ahmad Zarkasih Lc dalam bukunya berjudul Muharram Bukan Bulan Hijrahnya Nabi terbitan Rumah Fiqih Publishing, Allah SWT menciptakan manusia dan memberikan keistimewaan kepada salah seorang di antara mereka yakni para Rasul dan Nabi-Nya.

Allah SWT juga memberikan keistimewaan satu hari di antara hari-hari yang ada, yakni hari Jumat. Allah SWT memberikan keistimewaan satu malam di antara malam-malam yang ada, yakni malam Lailtul Qadr.

Ustaz Zarkasih menerangkan, sebagaimana dalam Surah Al-Baqarah ayat 197, Allah SWT juga mengistimewakan Sholat al-Wustha di antara shalat fardhu yang lain. Beberapa ulama menafsirkan bahwa Sholat al-Wustha itu adalah sholat Ashar. Begitu juga pada bulan-bulan yang ada, bahwa Allah SWT memberikan keistimewaan pada bulan-bulan haram (bulan mulia) di antara bulan-bulan lainnya. Yakni bulan Dzulqadah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement