Jumat 06 Aug 2021 15:28 WIB

7 Pola Hidup Salah yang Dilakukan Lansia

Kebiasaan buruk bisa berimbas bagi kesehatan lansia.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Kebiasaan buruk bisa berimbas bagi kesehatan lansia.
Foto: Hippopx
Kebiasaan buruk bisa berimbas bagi kesehatan lansia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada sejumlah kebiasaan buruk yang bisa mengimbas kesehatan kelompok lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun. Berikut tujuh kesalahan yang sebaiknya dihindari, dikutip dari laman Eat This, Jumat (6/8).

1. Kurang tidur

Baca Juga

Tidur seharusnya menjadi prioritas seiring bertambahnya usia. Menurut rekomendasi peneliti, orang yang berusia lebih dari 50 tahun disarankan tidur minimal delapan jam sehari untuk mencegah kemungkinan penurunan kognitif.  

Sebuah studi baru menyimpulkan bahwa orang yang tidak cukup tidur (kurang dari enam jam sehari) di usia 50-an dan 60-an lebih mungkin terkena demensia saat menginjak umur akhir 70-an. Lansia yang kurang tidur berisiko 30 persen mengembangkan demensia.

2. Tak terhubung secara sosial

Rasa kesepian dapat "membunuh". Menurut sebuah studi pada 2018, rasa terisolasi cenderung menggandakan risiko kematian akibat penyakit terkait kardiovaskular. Di antara kedua gender, pria lebih mungkin kurang terkoneksi secara sosial.  

National Institute of Aging mengatakan bahwa isolasi sosial menyebabkan peningkatan risiko penurunan kognitif, depresi, sistem kekebalan yang lemah, dan obesitas. Oleh karena itu, sangat penting bagi lansia menjaga ikatan sosial dan personal yang baik.

3. Tidak cukup minum

Asupan air bagi lansia bisa menjadi masalah hidup dan mati karena adanya risiko dehidrasi yang lebih tinggi. Seperti anak-anak, lansia memiliki volume air yang lebih rendah dalam tubuh sehingga perlu terus-menerus minum.

Pria lansia membutuhkan rata-rata 3,7 liter cairan setiap hari sementara perempuan lansia butuh 2,7 liter.  Dehidrasi berat pada lansia bisa menyebabkan masalah ginjal, gangguan kencing, serangan panas, syok hipovolemik, dan kejang.

4. Olahraga berlebihan

Olahraga memang penting dilakukan orang usia berapa pun, tetapi bisa berbahaya jika berlebihan. Klinik Cleveland menyarankan lansia di atas 60 tahun melakukan olahraga ringan seperti jalan santai, alih-alih jenis olahraga lain yang cenderung berat.

Jenis olahraga yang bisa jadi alternatif lain di antaranya yoga, menari, dan sit-up ringan. Sebaliknya, hindari latihan interval intensitas tinggi sebab dapat memperburuk masalah tulang yang biasa dialami lansia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement