Ahad 08 Aug 2021 10:16 WIB

Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Tahun Baru Islam

Tahun baru Islam dimulai dari hijrah Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Tahun Baru Islam
Foto: Pixabay
Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Tahun Baru Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun baru Islam atau Tahun Baru Hijriyah menandai dimulainya kalender lunar Muslim. Tahun ini, perayaan 1 Muharram jatuh pada pekan kedua Agustus 2021.

Kalender Hijriyah ini telah diamati selama lebih dari 1.440 tahun lalu dan digunakan untuk menentukan tanggal penting Islam, termasuk awal Ramadhan atau bulan puasa, Idul Fitri dan dimulainya musim haji. Dilansir di Aljazirah, Ahad (8/8), satu tahun dalam kalender Islam berjalan selama 354 atau 355 hari.

Baca Juga

Penanggalannya kira-kira lebih pendek 11 hari dari kalender matahari atau kalender Gregorian. Adapun tanggal dimulainya tahun baru Hijriyah ditentukan oleh berbagai teknik, termasuk penggunaan perhitungan ilmiah dan astronomi atau melakukan latihan penglihatan penampakan bulan resmi.

Metode yang diadopsi berbeda dari satu negara ke negara lain. Menurut perhitungan Pusat Astronomi, hari pertama tahun baru Hijriyah 2021 terjadi Selasa, 10 Agustus di sebagian besar dunia.

Tahun baru Islam dimulai dari migrasi atau dikenal sebagai hijrah Nabi Muhammad dan para sahabatnya dari Makkah ke Madinah pada 622 M. Pindahnya Nabi dilakukan setelah dia dan sahabat berulang kali dianiaya dan diancam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement