Senin 09 Aug 2021 11:06 WIB

KPAI: Perhatikan Penanganan Covid-19 di Luar Jawa-Bali

Covid-19 dinilai mulai menimbulkan bahaya yang fatal kepada anak.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Ilham Tirta
Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).
Foto: Antara/Reno Esnir
Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Jasra Putra meminta pemerintah memperhatikan mulai naiknya penularan Covid-19 di luar Jawa dan Bali, salah satunya di Lampung. Jasra mengatakan, perlu ada antisipasi khusus seperti penanganan di Jawa dan Bali.

"Seperti jangan sampai telat penanganan anak yatim piatu, data harus tidak hanya bicara mereka yang menjadi korban. Tapi dampak ikutan kepada anak juga paralel diselamatkan," kata Jasra di Jakarta, Senin (9/8).

Menurutnya, antisipasi di luar Jawa dan Bali harus dapat diantisipasi lebih awal. Jangan sampai penanganan Covid-19 yang tidak siap menyebabkan banyak anak-anak terpapar dan harus meninggal akibat penyakit ini.

Selain itu, lanjut Jasra, antisipasi kondisi yang berat kepada anak juga harus terus dilakukan. Sebab, saat ini Covid-19 juga bisa menimbulkan bahaya yang fatal kepada anak, bukan hanya orang-orang usia tua.

 

Ia menuturkan, vaksinasi harus segera dilakukan agar perlindungan kepada anak tetap terjaga. "Seperti percepatan vaksin anak di luar Jawa-Bali, begitupun lingkungan dimana anak berada, yaitu para orang tua harus segera vaksin agar anaknya terlindungi," kata Jasra menambahkan.

Apalagi, saat ini vaksinasi hanya bisa dilakukan pada anak di atas 12 tahun. Jasra menegaskan, kunci keamanan anak saat ini ada pada orang tua yang mau melindungi anaknya di masa pandemi.

"Agar menekan angka anak meninggal akibat Covid-19 yang sudah menyentuh 771 anak dan agar penularan yang mulai naik di luar Jawa-Bali bisa diantisipasi sejak dini," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement