Senin 09 Aug 2021 16:38 WIB

Sekretaris Gubernur New York Resign karena Skandal Seksual

Sekretaris Gubernur New York diduga menutupi tindakan pelecehan seksual

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih
Gubernur New York Andrew Cuomo.
Foto: AP
Gubernur New York Andrew Cuomo.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK - Sekretaris senior Gubernur New York Andrew Cuomo mengundurkan diri pada Ahad (8/8) waktu Amerika. Ini terjadi setelah laporan jaksa agung negara bagian menuduh Gubernur Cuomo melakukan pelecehan seksual terhadap 11 wanita.

 

Baca Juga

Sekretaris Gubernur, Melissa DeRosa, dalam laporan itu dikaitkan dengan upaya untuk menutupi tindakan gubernur dan membalas salah satu penuduhnya. Namanya disebut sebanyak 187 kali dalam laporan setebal 168 halaman yang dirilis Selasa pekan lalu.

"Secara pribadi, dua tahun terakhir telah mencoba secara emosional dan mental. Saya selamanya bersyukur atas kesempatan untuk bekerja dengan rekan-rekan berbakat seperti itu atas nama negara kita," kata DeRosa dalam sebuah pernyataan.

Laporan tersebut mencatat bahwa Cuomo meraba-raba, mencium, atau membuat komentar sugestif kepada 11 wanita. Ini dinyatakan pelanggaran hukum sehingga mendorong jaksa setempat untuk meluncurkan penyelidikan kriminal dan memicu kembali seruan agar gubernur mengundurkan diri atau dimakzulkan.

Hingga kini Gubernur Cuomo menolak seruan yang meluas agar dia mundur, termasuk dari sesama Demokrat seperti Presiden Joe Biden. Komite Kehakiman Majelis Negara Bagian New York telah menjadwalkan pertemuan untuk membahas proses pemakzulan pada Senin (9/8) pukul 09.30.

Seorang mantan asisten yang mengajukan tuntutan pidana terhadap Cuomo atas tuduhan dia meraba-raba di Executive Mansion di Albany berbicara di depan umum untuk pertama kalinya dalam wawancara televisi yang akan disiarkan pada Senin. Dia mengatakan gubernur perlu ditahan akuntabel.

Brittany Commisso, salah satu dari 11 wanita yang diduga korban pelecehan seksual, diidentifikasi sebagai "asisten eksekutif #1" dalam laporan tersebut. Dia mengatakan kepada penyelidik negara bagian bahwa Cuomo membelai payudaranya pada satu kesempatan, tuduhan paling serius yang dihadapi gubernur. Dia juga mengatakan dia menggosok punggungnya saat mengambil foto.

Pekan lalu, dia mengajukan pengaduan pidana ke kantor sheriff Albany. Sheriff, Craig Apple, mengatakan kepada wartawan pada Sabtu bahwa agensinya dan kantor kejaksaan akan melakukan penyelidikan menyeluruh sebelum menentukan apakah tuntutan pidana didukung.

Dalam sebuah wawancara dengan CBS News dan Albany Times-Union yang dijadwalkan tayang pada Senin pagi, Commisso mengatakan dia mengajukan laporan untuk meminta pertanggungjawaban Cuomo atas tindakannya. "Apa yang dia lakukan kepada saya adalah kejahatan," katanya dalam kutipan yang dirilis oleh CBS pada Ahad. "Dia melanggar hukum," imbuhnya.

Cuomo telah membantah melakukan kesalahan, meskipun dia mengakui bahwa usahanya untuk menyayangi orang-orang yang dia temui mungkin membuat beberapa orang tidak nyaman. Pengacaranya, Rita Glavin, mengatakan kepada wartawan pada Jumat pekan lalu bahwa akun Commisso dibuat, mengutip email dan bukti dokumenter lainnya yang katanya merusak ceritanya.

Dalam kutipan lain yang dirilis oleh CBS, Commisso mengatakan sesekali pelukan dan ciuman di pipi meningkat ketika suatu saat Cuomo dengan cepat menoleh dan mencium bibirnya. Namun dia tidak mengatakan apa-apa pada saat itu, kata Commisso.

"Orang-orang tidak mengerti bahwa ini adalah gubernur negara bagian New York. Ada pasukan yang berada di luar mansion dan ada beberapa staf mansion. Pasukan yang ada di sana, mereka tidak ada di sana untuk melindungiku. Mereka ada di sana untuk melindunginya," kata Commisso.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement