Senin 09 Aug 2021 23:45 WIB

Mesir Pindahkan Kapal Raja Khufu ke Museum Besar Mesir

Kapal raja khufu dipindahkan ke museum besar Mesir.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Perahu Matahari milik Firaun Khufu yang di pamerkan 2008 silam.
Perahu Matahari milik Firaun Khufu yang di pamerkan 2008 silam.

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO -- Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir memindahkan kapal raja Khufu dari lokasinya saat ini, di area arkeologi piramida. Kapal tersebut menempati lokasi barunya di Museum Besar Mesir, sejak 6 Agustus.

Dilansir di Egypt Today, Senin (9/8), tiga perusahaan nasional diberi tanggung jawab menangani transportasi kapal Khufu ke Museum Besar Mesir.

Baca Juga

Kementerian Pariwisata & Purbakala Mesir melakukan semua prosedur yang diperlukan untuk mengamankan kapal selama transportasi. Butuh enam bulan lokakarya dan pertemuan untuk membahas metode ilmiah paling tepat, yang menjamin keselamatan kapal selama pengemasan dan transportasi.

Kapal Khufu sendiri dipugar dan dirakit dari 1200 potong kayu. Alat transportasi ini telah dipajang sejak saat pemugaran selesai di Museum Perahu Surya dekat Piramida Besar.

Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Kepurbakalaan, Mostafa Waziry, memimpin tim yang bertanggung jawab memindahkan kapal Khufu dari area arkeologi piramida ke Museum Besar Mesir.

Warna-warna yang mempesona menerangi kendaraan khusus yang memindahkan Kapal Khufu ke Museum Besar Mesir.

Kapal Khufu dipindahkan ke Museum Besar Mesir menggunakan kereta remote control pintar. Alat ini secara khusus didatangkan dari Belgia untuk mengangkut seluruh kapal tanpa membongkarnya.  

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement