Senin 09 Aug 2021 22:30 WIB

Pesan Mahfud: Jadikan Tahun Baru Islam Pembangkit Optimisme

Mahfud MD mengutip ayat tentang sabar di Surat Al-Baqarah Ayat 249.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD.
Foto: ANTARA/Didik Suhartono
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD menyerukan agar momentum Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1443 Hijriyah, dijadikan sebagai pembangkit optimisme dan harapan masyarakat Indonesia menghadapi pandemi Covid-19.

"Apa yang bisa kita ambil dari peristiwa hijrah Nabi, pertama perjuangan itu memerlukan kesabaran. Nabi mau dibunuh, dikejar kemana-mana, akses ekonominya diputus, perdagangannya diputus, tapi Nabi Muhammad tetap bersabar. Oleh sebab itu, jika saudara mau mengambil hikmah dari 1 Muharram ini mari kita pupuk kesabaran," ujar Mahfud di Jakarta, Senin (9/8).

Mahfud menyampaikan petuah itu saat mengisi kajian virtual menjelang 1 Muharram pada Selasa (10/8) bersama Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dan para Dewan Gubernur yang diikuti sekitar 1.000 peserta dari berbagai wilayah dan perwakilan BI di berbagai negara pada Senin.

Menurut Mahfud, sabar sekurang-kurangnya ada tiga faktor. Pertama sabar terhadap musibah, kedua sabar di dalam ketaatan, termasuk disiplin.Lalu yang ketiga sabar di dalam berjuang, bersungguh-sungguh, optimis dan tangguh.

"Sabar itu bukan hanya berarti pasrah, tapi sikap pantangmenyerah, tangguh dan bersungguh-sungguh itu juga sabar," kata Mahfud yang juga alumni Pondok Pesantren Al-Mardhiyah, Kabupaten Pamekasan, Pulau Madura, Jawa Timur, ini.

Dalam memperkuat argumentasinya, Mahfud mengutip ayat tentang sabar di Surat Al-Baqarah Ayat 249. "Sekelompok kecil orang bisa mengalahkan orang yang banyak, asal kamu bersabar," kata Mahfud dalam acara bertema 'Momentum 1 Muharram sebagai Booster Optimisme dan Harapan Menurut Pandangan Islam' ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement