Selasa 10 Aug 2021 12:12 WIB

Produsen Makanan Halal Saudi Tanmiah Rencanakan Ekspansi

Tanmiah berencana memperluas diri ke AS, Eropa, Asia dan Amerika Latin

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Peternak memberi makan ayam
Foto: ANTARA/Arnas Padda
Peternak memberi makan ayam

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Produsen unggas nomor dua di Arab Saudi, Tanmiah Food Co., memiliki rencana membawa produk halalnya ke pasar yang baru. Rencana ini disampaikan setelah penawaran umum perdana (IPO) pekan lalu berhasil mengumpulkan 402 juta riyal Saudi atau Rp 1,5 triliun.

"Kami ingin memperluas pasar, tidak hanya secara lokal, tetapi juga regional dan global,” kata juru bicara perusahaan, Ahmed Osilan, dikutip di Arab News, Selasa (10/8).

Dalam sebuah wawancara, ia menambahkan perusahaan menargetkan meraih pasar 1,8 miliar Muslim di seluruh dunia dengan rencana ekspansi ini.

Tanmiah sendiri saat ini memiliki sekitar 18 persen pangsa pasar unggas Saudi. Mereka juga sudah memiliki cabang di beberapa bagian Timur Tengah dan Afrika.

 

Perusahaan yang berbasis di Riyadh tersebut mengatakan pihaknya berharap dapat memperluas diri ke AS, Eropa, Asia dan Amerika Latin. Pengembangan pasar ini didanai oleh “berbagai alat keuangan” dari pemberi pinjaman swasta dan pemerintah.

"Makanan halal menjadi peluang kunci bagi banyak perusahaan, dan pada 2025 kita harus siap untuk ekspansi itu,” kata Osilan.

Pada Juni lalu, pihak perusahaan berencana menggunakan hasil penjualan saham nanti untuk menggandakan produksi selama lima tahun mendatang.

Selama lima tahun terakhir, perusahaan telah menggandakan produksinya enam kali dan memiliki 17,6 persen pangsa pasar unggas Saudi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement