Selasa 10 Aug 2021 14:21 WIB

Menkeu: Tren Teknologi Digital Jadi Tantangan Pasar Modal RI

Pasar modal Indonesia mampu tahan guncangan sektor keuangan.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Menteri Keuangan Sri Mulyani.
Foto: Dok. Kementerian Keuangan
Menteri Keuangan Sri Mulyani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah menyebut pasar modal Indonesia mampu melahirkan reformasi tata kelola yang baik, transparan, kuat, dan adil. Bahkan pasar modal mampu tahan guncangan sektor keuangan sejak 1997,1998, dan 2008.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pasar modal Indonesia menjadi pasar modal yang sehat, transparan dan mampu menjadi alat bagi masyarakat Indonesia dalam berinvestasi secara aman. "Secara historis pasar modal Indonesia hadir bahkan sebelum Indonesia merdeka, sejak zaman kolonial Belanda pada tahun 1912 sudah hadir pasar modal di Batavia," ujarnya saat webinar, Selasa (10/8).

Sri Mulyani bercerita secara historis perang dunia pertama dan kedua juga dalam perjuangan Indonesia kemudian meluncurkan perpindahan kekuasaan dari pemerintah kolonial ke Pemerintah Republik Indonesia, menjadi konteks yang terus mempengaruhi pasar modal Indonesia.

"Sesudah mengalami vakum lebih tiga dekade, pasar modal Indonesia kemudian diaktifkan kembali dengan diresmikannya oleh Presiden Soeharto pada 10 Agustus 1977. Tanggal inilah yang kemudian dijadikan pasar modal Indonesia sebagai hari ulang tahun pasar modal Indonesia," ucapnya.

Menurutnya, sejak saat itu pasar modal terus mengalami perkembangan dan menjadi bagian yang penting bagi pembangunan ekonomi Indonesia. "Hari ini kita dihadapkan lagi dengan sebuah badai pandemi yang berasal dari sisi kesehatan Covid-19, ini adalah krisis terburuk dalam 150 tahun terakhir. Program dan protokol kesehatan, vaksinasi menjadi penting, saya harap anggota pasar modal Indonesia juga ikut di dalam mensukseskan pelaksanaan protokol kesehatan dan vaksinasi," ungkapnya.

Sri Mulyani berpesan kepada seluruh pelaku dan masyarakat pasar modal Indonesia, setiap menghadapi tantangan harus bisa dilalui dengan semangat pantang menyerah, dan terus berjuang menghadapi tantangan tersebut. "Saya berpesan kepada seluruh pelaku dan masyarakat pasar modal Indonesia, setiap kita menghadapi tantangan kita diuji namun yang paling penting semangat untuk tidak menyerah mari kita terus berjuang karena kita mampu menghadapi tantangan ini," ucapnya.

Dia yakin dengan ikhtiar bersama, gotong royong, serta terus melakukan berbagai inovasi, Indonesia bisa menghadapi tren disertai perubahan teknologi digital yang pasti akan mempengaruhi banyak hal dalam transaksi pasar modal Indonesia.

"Jadilah yang terdepan dalam antisipasi perubahan-perubahan yang luar biasa, sambil terus menciptakan pasar modal yang sehat, transparan, dan mampu menjadi alat bagi masyarakat Indonesia di dalam berinvestasi secara aman. Tugas masih panjang dan banyak namun kita yakin bisa. Selamat ulang tahun pasar modal Indonesia, jaya terus," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement