Sultan Baabullah, Pahlawan Islam dari Ternate (III-Habis)

Kamis , 12 Aug 2021, 14:41 WIB Reporter :Muhyiddin/ Redaktur : Agung Sasongko
Perlawanan rakyat Ternate. (Foto koleksi DR Muridan: Sampul buku tentang perjuangan Sultan Nuku)
Perlawanan rakyat Ternate. (Foto koleksi DR Muridan: Sampul buku tentang perjuangan Sultan Nuku)

IHRAM.CO.ID, Di bawah pimpinan Sultan Baabullah Datu Syah, Kesultanan Ternate berhasil mencapai puncak kejayaannya. Setelah menaklukkan Portugis, penerus Sultan Khairun itu langsung memperluas wilayah kekuasaannya. Perannya pun sangat signifikan dalam menyiarkan dakwah Islam di Maluku.

 

Terkait

Dalam buku Sejarah Perjumpaan Kristen dan Islam di Indonesia, Prof Jan S Aritonang menjelaskan, Sultan Baabullah tidak hanya mengusir orang-orang Portugis dari wilayahnya. Sang raja Muslim pun turut andil dalam upaya syiar Islam di Nusantara, khususnya wilayah Indonesia timur

Baca Juga

Setelah Portugis hengkang dari kawasan tersebut, jumlah umat Kristen setempat menurun drastis. Banyak dari mereka yang kemudian dibimbing menuju Islam oleh Sultan Baabullah. Dengan mengusung misi Islamisasi, ia juga berhasil menaklukkan kerajaan-kerajaan kecil di Kepulauan Maluku dan sekitarnya.

Atas pencapaiannya tersebut, Sultan Baabullah dijuluki penguasa 72 negeri. Maknanya, seluruh 72 raja dari negeri-negeri Indonesia timur tunduk kepadanya. Sejarawan Belanda, Francois Valentyn, telah menuturkan secara perinci nama-nama ke- 72 negeri tersebut.

Sultan Baabullah berhasil menjadikan kesultanan Ternate sebagai kerajaan Islam terbesar di Indonesia timur. Hingga akhirnya, ia wafat pada 25 Mei 1583 dalam usia 55 tahun.